Horeee! Bansos Pangan Dibagi Paling Lambat 30 Maret, Dapat 10 Kg Beras Gratis!

Horeee! Bansos Pangan Dibagi Paling Lambat 30 Maret, Dapat 10 Kg Beras Gratis!

beras bulog--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bantuan sosial (bansos) ramadan 2023 dalam bentuk bansos pangan siap disalurkan. Bantuan sosial atau bansos pangan bakal mulai disalurkan pekan depan atau paling lambat 30 Maret 2023.bansos pangan akan dikirimkan langsung ke masyarakat penerima. 

Deputi Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa mengatakan sebelumnya pembagian Bansos pangan ini direncanakan akan disalurkan sebelum ramadan. Tapi batal batal dan akhirnya akan disalurkan pada pekan depan. 

"Tidak ada hambatan, namun perlu kehati-hatian dalam pelaksanaannya, sehingga harus didukung oleh landasan hukum dan petunjuk pelaksanaan yang jelas untuk menjaga governancenya," ucapnya.

BACA JUGA:BLT Cair Bulan Ramadan 3 Bulan Sekaligus, Catat Jadwal dan Cara Ceknya

BACA JUGA:BLT Ibu Hamil dan Balita Tahap 2 2023 Siap Cair Rp 750.000, Ini Syarat Terbarunya

Senada diungkapkan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, beras bansos tersebut sudah mulai disalurkan dengan tenggat waktu paling lama akhir Marer 2023. "Sudah, kita bisa mulai salurkan 10 kilogram (beras) per masing-masing penerima. The latest 30 Maret 2023," ujarnya 

Bansos pangan diberikan untuk 21,35 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Isi bansos diantaranya berupa beras 10 kg, daging ayam, hingga telur ayam per satu keluarga.

BACA JUGA:Bansos PKH dan BPNT 2023 Tidak Cair? Cek Cepat, Mungkin Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Simak Ini! 6 Golongan Ini Dicoret dari Daftar Penerima Bansos Ramadan 2023

Pemerintah sudah menyediakan anggaran untuk bansos pangan ini sebanyak Rp 7,8 triliun untuk beras termasuk biaya pembagiannya, dan anggaran Rp 450 miliar untuk telur dan daging ayam. Maka jika ditotal anggarannya mencapai Rp 8,25 triliun.

Adapun bansos pangan ini memang akan disalurkan selama tiga bulan, yakni pada Maret, April, dan Mei 2023.

Rencananya, bansos pangan ini akan diberikan kepada penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

Kepala Badan Pangan Nasional atau Bapanas Arief Prasetyo Adi mengungkapkan bansos dalam bentuk beras, ayam, dan telur akan dibagikan menjelang Lebaran mulai Maret, April, hingga Mei.

BACA JUGA:Siap-siap! Pencairan Bansos Tahap 2 Bulan April 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: