Bacaan Doa Setelah Sholat Tarawih: Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Doa Setelah Sholat Tarawih: Arab, Latin, dan Artinya

Ilustrasi berdoa-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Islam menganjurkan muslim membaca doa setelah sholat tarawih untuk menyempurnakan ibadah sunah yang dianjurkan selama Ramadhan.

Sholat tarawih merupakan salah satu amalan yang tak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW selama hidupnya. Amalan ini kemudian diteruskan oleh para sahabat dan muslim.

Jika menunaikan ibadah wajib puasa pada siang hari, maka Anda dapat menyempurnakannya dengan menjalankan sholat tarawih pada malam hari. Petunjuk mengenai sholat tarawih tertuang dalam hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim, seperti dikutip dari laman Nahdlatul Ulama (NU) berikut ini.

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Barang siapa ibBACA JUGA:Doa Awal Ramadan yang Direkomendasikan Ustadz Adi Hidayatadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.

BACA JUGA:Sholat Tarawih Berapa Rakaat Sih?

BACA JUGA:Sunnah Berbuka Puasa Ramadan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Namun berbeda dengan sholat sunah lainnya, sholat tarawih merupakan sholat sunah yang hanya dapat dilakukan pada Ramadan. Sholat tarawih dilakukan pada malam hari selepas sholat isya dan sebelum melakukan sholat witir. Sholat ini dinamakan tarawih karena orang yang melakukannya beristirahat sejenak di antara dua kali salam atau istirahat setiap empat rakaat. Jumlah rakaat dalam sholat tarawih mencapai 20 rakaat dengan 10 salam.

Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Al-Baihaqi sebagai berikut.

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي فِي شَهْرِ رَمَضَانَ فِي غَيْرِ جَمَاعَةٍ عِشْرِينَ رَكْعَةً وَالْوِتْرَ

Artinya: Sungguh Nabi Muhammad SAW melakukan sholat di bulan Ramadhan tanpa berjamaah sebanyak dua puluh rakaat dan (ditambah) sholat witir.

BACA JUGA:Begini Doa Buka Puasa Ramadan yang Benar Menurut Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Niat Puasa Ramadan dan Waktunya yang Tepat

Bacaan Doa Setelah Sholat Tarawih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: