Sholat Tarawih Berapa Rakaat Sih?

Sholat Tarawih Berapa Rakaat Sih?

Ilustrasi sholat tarawih-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pertanyaan sholat tarawih berapa rakaat kerap muncul ketika Ramadhan. Sebagian menganggap sholat sunah ini harus dikerjakan sebanyak 8-11 rakaat, tetapi sebagian lain menilai harus mencapai 20 rakaat, bahkan 36 rakaat.

Lantas, berapa jumlah rakaat sholat tarawih? Berikut penjelasannya seperti dirangkum dari Nahdlatul Ulama (NU).

Salat Tarawih (kadang-kadang disebut Teraweh, Taraweh, atau Tarwih) adalah salat sunah yang dilakukan khusus hanya pada bulan Ramadan. Tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jamak dari تَرْوِيْحَةٌ yang diartikan sebagai "waktu sesaat untuk istirahat".

Sholat tarawih merupakan ibadah sunah bagi laki-laki dan perempuan yang dilakukan setelah sholat Isya pada Ramadhan. Artinya, sholat ini tidak dikerjakan di bulan-bulan yang bukan Ramadhan.

Menurut sejarahnya, sholat tarawih mulanya dikerjakan oleh Rasulullah SAW. Beliau menunaikan sholat ini pada 23 Ramadhan tahun kedua hijriah.

BACA JUGA:Sunnah Berbuka Puasa Ramadan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

BACA JUGA:Begini Doa Buka Puasa Ramadan yang Benar Menurut Ustadz Adi Hidayat

Terkadang, Rasulullah SAW mengerjakan sholat tarawih di masjid. Namun, juga pernah dilakukan di rumah, seperti tertuang dalam hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim berikut ini.

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى ذَاتَ لَيْلَةٍ فِي الْمَسْجِدِ فَصَلَّى بِصَلَاتِهِ نَاسٌ ثُمَّ صَلَّى مِنْ الْقَابِلَةِ فَكَثُرَ النَّاسُ ثُمَّ اجْتَمَعُوا مِنْ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ أَوْ الرَّابِعَةِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ وَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنْ الْخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ (رواه البخاري ومسلم

Artinya: Dari Aisyah Ummil Mu'minin radliyallahu 'anha, 'Sesungguhnya Rasulullah pada suatu malam sholat di masjid, lalu banyak orang sholat mengikuti beliau. Pada hari ketiga atau keempat, jamaah sudah berkumpul (menunggu Nabi) tapi Rasulullah SAW justru tidak keluar menemui mereka.

Pagi harinya beliau bersabda: Sungguh aku lihat apa yang kalian perbuat tadi malam. Tapi aku tidak datang ke masjid karena aku takut sekali bila sholat ini diwajibkan pada kalian.' Sayyidah Aisyah berkata, 'Hal itu terjadi pada bulan Ramadhan.'

BACA JUGA:Menelan Ludah Bisa Membatalkan Puasa, Kok Bisa? Simak Penjelasannya!

BACA JUGA:Jangan Lupa Mandi Wajib Sebelum Puasa, Ini Tata Cara dan Bacaannya!

Lalu, sholat tarawih berapa rakaat yang dikerjakan Rasulullah SAW?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: