Sunnah Berbuka Puasa Ramadan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Sunnah Berbuka Puasa Ramadan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

ilustrasi berbuka puasa-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Waktu berbuka puasa khususnya puasa Ramadan menjadi waktu yang istimewa dan memiliki banyak keutamaan. Adapun sunnah Rasulullah Muhammad SAW yang dianjurkan untuk setiap umat muslim lakukan ketika sedang berbuka puasa.

Apa saja sunnah berbuka puasa itu? sunnah berbuka puasa ini tentu dapat mendatangkan pahala dan bermanfaat bagi siapa saja yang melaksanakannya. Berikut ini beberapa sunnah berbuka puasa sesuai anjuran Rasulullah yang bisa kamu lakukan.

1. Disunnahkan Menyegerakan Berbuka

Sunnah berbuka puasa yang pertama ialah disunnahkan untuk menyegerakan berbuka puasa ketika matahari terbenam atau saat azan Maghrib berkumandang.

Hal ini sebagaimana tercantum dalam hadist. Dari Umar bin Khattab RA, Rasulullah SAW bersabda “jika datang malam dari sini, dan telah pergi siang dari sini, dan terbenam matahari, maka orang yang berpuasa boleh berbuka” (HR. Bukhari no.1954, Muslim no.1100).

BACA JUGA:Begini Doa Buka Puasa Ramadan yang Benar Menurut Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Bagaimana Mengganti Puasa Pasutri yang Berhubungan Badan Siang Hari

Sementara itu ada juga hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang menjelaskan tentang anjuran menyegerakan berbuka puasa. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka” (HR. Ibnu Majah).

Rasulullah SAW senantiasa membaca doa menjelang berbuka puasa. Doa berbuka puasa senantiasa akan mendatangkan keberkahan yang melimpah sepanjang bulan Ramadan. Berikut ini bacaan doa berbuka puasa yang dapat dipanjatkan:

“Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin”

Artinya: Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah, dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

BACA JUGA:Wanita Haid Tetap Bisa Beribadah Selama Ramadan, Ini 4 Tips Amalan dari Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Doa Awal Ramadan yang Direkomendasikan Ustadz Adi Hidayat

Setelah membaca doa berbuka puasa, kemudian dilanjutkan dengan berbuka dan ditutup dengan membaca doa sebagai berikut. “Dzahabadh dhoma-u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa-allah”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: