Pendaftar QR Code BBM Subsidi Tembus 5 Juta Kendaraan, Begini Cara Daftar Tanpa Aplikasi

Pendaftar QR Code BBM Subsidi Tembus 5 Juta Kendaraan, Begini Cara Daftar Tanpa Aplikasi

Petugas SPBU di Kebun Tebeng saat melayani pengisian BBM dengan QR code MyPertamina-(foto: tri yulianti/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Jumlah pendaftar pengguna BBM subsidi terus meningkat. Pertamina mencatat pendaftar QR Code Subsidi Tepat  mencapai lebih dari 5 juta kendaraan pada awal bulan Maret. 

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menjelaskan pihaknya kembali memperluas uji coba transaksi BBM bersubsidi menggunaan QR Code Subsidi Tepat di Kota/Kabupaten di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, dan Papua.

“Perluasan wilayah uji coba dilakukan secara bertahap sejak Desember 2022. Untuk awal Maret ini, uji coba penggunaan QR Code untuk transaksi Solar Subsidi diperluas di 141 Kota/Kabupaten. Sedangkan untuk uji coba penggunaan QR Code transaksi Pertalite diperluas di 19 Kota/Kabupaten. Bagi yang belum memiliki QR Code juga tetap akan dilayani, dan akan diarahkan untuk mendaftar di website Subsidi Tepat,” jelas Irto.

BACA JUGA:BBM Jenis Ini Kompak Turun, Ini Daftar Lengkap Harga BBM per 18 Maret 2023

Program Subsidi Tepat bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan Pertalite dan Solar.

Melalui pendataan, diharapkan penyaluran BBM bersubsidi dapat lebih termonitor dan mencengah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan. Sehingga BBM bersubsidi tersalurkan bagi masyarakat yang memang berhak.

“Saat ini Pertamina Patra Niaga terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai tata cara pendaftaran, serta menguji coba kesiapan verifikasi QR Code. Kami juga terus memantau perkembangan revisi Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 yang menjadi regulasi acuan penetapan penyaluran BBM bersubsidi,” tambahnya.

Pendaftaran Subsidi Tepat dibuka untuk kendaraan roda empat. Pertamina juga telah menjalin kerjasama dengan Korlantas Polri terkait sinkronisasi data kendaraan untuk program Subsidi Tepat. 

Dikutip dari laman mypertamina.id, pendaftaran BBM subsidi Pertamina bisa dilakukan dengan beberapa cara. Adapun pendaftaran program BBM bersubsidi dapat dilakukan secara online maupun offline.

Untuk pengguna pribadi, baik pemakai solar dan Pertalite roda empat, dapat menyiapkan sejumlah dokumen pendaftaran meliputi: 

- Foto KTP

- Foto diri

- Foto STNK depan dan belakang (dibuka)

- Foto kendaraan tampak semua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: