Pembinaan 10 Program Pokok, PKK Provinsi dan PKK Bengkulu Selatan Sinergitas Lintas Program

 Pembinaan 10 Program Pokok, PKK Provinsi dan PKK Bengkulu Selatan Sinergitas Lintas Program

Ketua TP PKK Provinsi dan Kabupaten, bersama Bupati dan Kepala OPD berfoto bersama, Selasa (7/3).-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) melaksanakan kegiatan sinergitas lintas Program/sektor dalam Rangka Pembinaan 10 Program Pokok PKK Tahun 2023.

Kegiatan tersebut digelar di Gedung Pemuda BS, Selasa pagi (7/3/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Hj Derta Rohidin, Ketua TP PKK BS, Nurmalena Gusnan, Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM dan Para Kepala Organisasi Pemerintahan Daerah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas BS) BS dan Badan Narkotika Nasional (BNN) BS sebagai mitra PKK.

Ketua TP PKK BS, Nurmalena Gusnan menyampaikan laporan dari rencana kegiatan PKK BS tahu 2023 yang dilaksanakan sejak Januari lalu. Salah satu program unggulan dari inovasi PKK yang telah dilaksanakan yaitu Bekundang sehat.

"Melalui program Bekundang Sehat kami mendatangi kerumah warga untuk memberika pelayanan kesahatan dan obat-obatan, ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama dengan dinas kesehatan  dan dinas sosial," ujar Nurmalena saat menyampaikan laporannya.

BACA JUGA:Ijazah Ditahan Yayasan, Mantan Kepala Sekolah Lapor Polisi

BACA JUGA: SMKN 1 Rejang Lebong Tuntaskan UKK dan Sertifikasi Siswa, Syarat Kelulusan

Lebih lanjut, Nurmalena juga menyampaikan, selain Bekundang Sehat, TP PPK juga bekerja sama dengan OPD lain seperti Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) BS.

"Bersama DKP kita memberikan bantuan bibit cabe pada setiap rumah sebanyak lima batang, sebagai upaya untuk mengatasi inflasi daerah dengan naiknya harga bahan poko, sedangkan Dukcapil melakukan pembuatan akta kelahiran," sampainya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu, Hj Derta Rohidin memberikan apresiasi atas program PKK yang telah direncanakan dan telah dilaksanakan oleh TP PKK BS.  10 Program Pokok PKK yaitu Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan, Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup Perencanaan Sehat.

"Pada kegiatan ini kita juga akan mrnyalukan bantuan dari OPD yang telah melakukan kerja sama dalam menjalankan program Pokok PKK," bebernya.

Adapun OPD yang memberikan bantuan, yaitu Baznas provinsi dan kabupaten, berupa bantuan dana untuk berobat, sembako miskin, bantuan untuk Lansia dan bantuan Hafiz Qur'an, Dinas Perindagkop UMKM provinsi n kabupaten berupa bantuan gerobak dorong untuk pelaku usaha UMKM, Dinas Sosial provinsi dan kabupaten berupa bantuan sembako, kursi roda dan tongkat, Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten, berupa makanan tambahan untuk anak Stunting dan ibu hamil, serta Dinas Pertanian provinsi n kabupaten dan DKP memabgikan bantuan untuk Kelompok Wanita Tani.

"Bantuan tersebut disalurkan dari OPD untuk keluarga penerima manfaat," katanya.

Sementara itu, Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM memgingatkan kepada seluruh Kepala OPD dan Camat di BS untuk terus mendukung Program Pokok PKK. Alasan tersebut disampaikan Gusnan karena PKK BS menejalan porogram yang ada di OPD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: