Pesisir Pantai Pino Gantung Ditanami Ratusan Bibit Mangrove

Pesisir Pantai Pino Gantung Ditanami Ratusan Bibit Mangrove

Danramil 408-01 Pino, Kapten Inf Dimyati bersama Forkopimca menanam mangrove, Jumat (3/3). Ratusan Mangrove Ditanam, Danramil Pino Terjun Langsung-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Koramil 408-01 Pino, Kodim 0408 Bengkulu Selatan Kaur (BSK) bersama masyarakat melakukan penanam perdana pohon mangrove di wilayah pesisir Pantai Pino Guntung, Desa Pasar Pino, Kecamatan Pino Raya, Jumat (3/3). Jumlah pohon mangrove yang ditanam tersebut berjumlah sebanyak 350 batang.

Danramil 408-01 Pino, Kapten Inf Dimyati menuturkan lahan yang ditanami mangrove seluas 1 Hektar yang berlokasi disepanjang pinggir pantai Pino. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mendukung program Rehabilitasi Hutan Mangrove Indonesia. 

"Untuk saat ini jumlah bibit pohon mangrove yang tersedia sebanyak 750 batang dan akan ditanam secara bertahap dan berkesinambungan," ujar Damyati, saat menyampaikan kata sambutannya, Jumat (3/3).

Lebih lanjut, Damyati mengatakan untuk saat ini bibit mangrove yang telah ditanam ada sebanyak 350 batang dan akan dilakukan penanaman tahap ke 2 pada hari Selasa (3/2) depan. Penaman mangrove tersebut dihadiri Forum Komunikasi Camat (Forkopimca), Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pasar Pino beserta Karang Taruna dan Pengurus PKK.

BACA JUGA:Perselingkuhan PNS Bengkulu Tengah Berawal dari Tes CPNS

BACA JUGA:3 Hari Hilang, Pemburu Kancil Belum Juga Ditemukan, Hanya Temukan Benda Ini

"Selasa depan kita tanam lagi serentak sebanyak 200 batang mangrove dan 200 batang lagi akan ditanam saat penanaman mangrove nasional secara serentak pada Rabu 10 Mei 2023," katanya.

Damyati menyampaikan tujuan dari penanaman mangrove di wilayah pesisir pantai BS merupakan upaya menciptakan ekosistem baru yang nantinya akan memberikan banyak manfaat untuk lingkungan.

"Melalui penaman mangrove, kita bisa mencegah abrasi dan menjaga keseimbangan lingkungan hidup lainnya , khususnya disepanjang pantai di BS," sampainya.

Penaman mangrove tersebut dijelaskan Damyati, selain untuk mendukung Program Rehabilitasi Hutan Mangrove Indonesia, juga kedepannya dapat berdampak bagi perekonomian dan meningkatnya ekosistem disepanjang tepi pantai BS.

"Penanaman mangrove yang kita lakukan saat ini akan berdampak baik untuk lingkungan dan ekonomi," pungkasnya. 

Hal tersebut didasari banyaknya manfaat hutan mangrove bagi kehidupan, diantaranya hutan mengrove dapat menyerap semua jenis logam berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih. Manfaat baik mangrove lainya, yaitu meningkatnya kualitas udara yang lebih baik dan bersih. 

"Banyak manfaat hutan mengrove, yang saat ini terkenal adalah kawasan hutan mangrove bisa dikembangkan menjadi salah satu objek wisata," pungkasnya. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: