Dinas Dikbud Kota Minta Guru dan Murid Mulai Gunakan Aplikasi belajar.id, Ini Cara Buat Akunnya

Dinas Dikbud Kota Minta Guru dan Murid Mulai Gunakan Aplikasi belajar.id, Ini Cara Buat Akunnya

Drs Sehmi MPd-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu meminta guru dan murid di Kota Bengkulu untuk dapat mulai menggunakan aplikasi belajar.id dalam aktivitas belajar dan mengajar di sekolah. 

Belajar.id adalah platform pembelajaran digital dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Platform belajar.id berguna untuk membantu peserta didik mengakses berbagai aplikasi pembelajaran untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka atau jarak jauh.

Saat ini total ada 36 ribu murid dan 3 ribu guru di Kota Bengkulu, namun yang baru mengakses aplikasi ini baru 20 persennya saja. 

BACA JUGA:Konflik Lahan di Bengkulu Utara, Pihak PTPN VII Angkat Bicara

BACA JUGA:TPP Nakes Puskesmas di Kota Bengkulu Relatif Kecil, Dewan Minta Dinkes Usulkan Penambahan

Kepala Dinas Dikbud Kota Bengkulu Drs Sehmi MPd mengatakan, pemanfaatan aplikasi belajar.id dari Kemendikbud ini dilakukan agar proses belajar mengajar dapat lebih efektif dan efisien. 

"Melalui aplikasi belajar.id ini guru dan murid dapat mengakses berbagai platform milik kemendikbudristek, salah satunya platform merdeka belajar. Dalam pemanfaatan aplikasi belajar. id ini juga gratis tidak di pungut biaya apapun. Tahun ini kita menargetkan penerapan aplikasi belajar.id di lingkungan pendidikan Kota Bengkulu mencapai 100 persenpersen," jelas Sehmi, Selasa (27/02/2023). 

Sementara itu, bagi guru dan murid yang belum dapat menggunakan aplikasi ini diminta untuk juga belajar menggunakan aplikasi tersebut. 

Adapun akun pembelajaran ini dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Melalui akun ini, peserta dapat mengakses berbagai platform pembelajaran, seperti Aplikasi Merdeka Mengajar, Kelas Daring, Presentasi Daring, Rumah Belajar, TanyaBOS, aplikasi konferensi video, dan lainnya.

Berikut ini beberapa langkah untuk mendapatkan akun belajar.id :

CARA MENDAPATKAN AKUN BELAJAR.ID DARI OPERATOR SEKOLAH

Untuk operator sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: