Cover Program BPJS Gratis, Pemkot Siapkan Rp 6,4 Miliar

Cover Program BPJS Gratis, Pemkot Siapkan Rp 6,4 Miliar

Rapat sosialisasi Instruksi Walikota nomor 382 tahun 2023 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Bengkulu yang berlangsung di ruang hidayah, kantor Walikota, Selasa (14/2).-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kota Bengkulu pada tahun ini mengalokasikan dana Rp 6,4 miliar untuk kembali menjalankan program BPJS Kesehatan gratis.

Program ini dibuat untuk mengcover masyarakat miskin yang kesulitan dana untuk berobat dan masyarakar yang menunggak iuran BPJS. 

Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan, Pemkot ingin seluruh masyarakat mendapatkan akses pelayanan kesehatan dan tak terdengar lagi warga yang tak mendapat layanan kesehatan karena terkendala biaya. 

"Karenanya Pemerintah Kota Bengkulu mendorong 100 persen warga memiliki jaminan kesehatan. Jika tidak mampu akan dibayar melalui APBD. Pemkot menargetkan 150 ribu warga terjamin BPJS gratis melalui bantuan pemerintah," ujar Helmi Hasan.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Ajak Perusahaan asal Solo Kelola Sampah

BACA JUGA:Polsek Selebar Ringkus 2 Pelaku Curanmor dan 1 Orang Penadah

Ia menambahkan, bagi warga yang belum terdata peserta BPJS Kesehatan bisa menghubungi ponsel walikota dengan nomor 0811737646 atau bisa mendaftar melalui satgas BPJS dan RT setempat. 

Sementara itu, data BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu saat ini jumlah peserta BPJS di Kota Bengkulu tercatat sebanyak 386 ribu jiwa. 

Sedangkan masyarakat yang tercatat terdata pada program BPJS Kesehatan gratis yang ditanggung Pemkot sekitar 20 ribu jiwa.

"jumlah masyarakat yang akan tercover melalui dana APBD Pemkot akan terus bertambah. Untuk keikutsertaan masyarakat dalam program BPJS gratis masuk dalam kelas III. Untuk biaya BPJS kelas III saat ini sebesar 35 ribu per orang," jelas Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kota Bengkulu, Mahyuddin. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: