Harga TBS Naik Rp 2.400/kg

Harga TBS Naik Rp 2.400/kg

Harga TBS di Bengkulu UTara Naik Rp 2.400/kg-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dalam kurun beberapa hari terakhir, harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di  Kabupaten Bengkulu Utara (BU) terus mengalami kenaikan.

Berdasarkan dari data Dinas Perkebunan (Disbun) saat ini harga jual TBS kelapa sawit di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS)  dengan harga tertinggi mencapai Rp 2.410 per kilogram dan harga jual terendah Rp 2.260 per kilogram. Hal ini disampaikan langsung oleh Plt Kepala Disbun (BU) Desman Siboro saat ditemui BE di ruang kerjanya, Jumat (10/2).

"Ya, dalam kurun beberapa hari terakhir, harga TBS kelapa sawit ditingkat PKS mengalami kenaikan, untuk saat ini harga TBS mencapai Rp 2.410 per kilogram," kata Desman.

Kendati demikian, lanjut Desman, meski menunjukan kenaikan dan hal ini dapat meningkatkan perekonomian para petani, namun ada kendala yang dihadapi oleh para petani kelapa sawit di Kabupaten BU saat ini buah sawit mengalami ngetrek, atau produksi buah jauh berkurang. Karena musim trek adalah siklus yang pasti dialami tanaman sawit setiap tahun dan hal ini pun juga ikut dirasakan oleh pihak PKS yang ada.

BACA JUGA:Bupati Bengkulu Utara dan Kepala OPD Teken Pakta Integritas, Mian: Ini Rangkaian Harus Dikerjakan Tahun 2023

BACA JUGA:Oknum Pegawai Satpol PP Lebong Ditetapkan Tersangka, Ini Penyebabnya

"Meskipun harga naik, namun buah sawit mengalami ngetrek dan ini sangat dirasakan oleh para petani hingga pihak perusahaan, karena hasil buah sangat berkurang dan ini terjadi sudah dalam kurun 5 bulan terakhir," katanya.

Desman pun menuturkan, akan terus melakukan pengawasan serta pembinaan kepada seluruh PKS yang ada hal ini dalam upaya menjaga kestabilan harga TBS kelapa sawit.

"Kita harap harga TBS semakin naik dan bisa sampai di harga Rp 3 ribu seperti tahun yang sudah. Kalau bisa ya sebelum lebaran ini, karena kebutuhan masyarakat akan meningkat,"tandasnya.(127)

Harga TBS sawit di 7 PKS 

1. PT Mitra Puding Mas, Rp 2.390 per kilogram 

2. PT Agricinal, Rp 2.300 per kilogram 

3. PT Sandabi Indah Lestari, A Rp 2.410 - B Rp 2.350 per kilogram

4. PT Alno Agro Utama, Rp 2.350 per kilogram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: