Truk Batubara Mengular, Ternyata Penyebabnya Ini

Truk Batubara Mengular, Ternyata Penyebabnya Ini

Truk batu bara tampak mengular di kawasan Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 memberikan tanggapan terkait antrean panjang truk batubara yang memadati kawasan Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. 

Disampaikan Lakhar General Manager PT Pelindo Regional 2 Bengkulu Aria Rovino, pihaknya telah melakukan pembahasan pengaturan kendaraan/truk pengangkut batubara akibat kepadatan dan antrian yang terjadi menuju area stockpile di Pelabuhan Pulau Baai, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Bengkulu. 

Dimana kepadatan itu terjadi akibat adanya lonjakan trafik truk batubara dari site tambang menuju area stockpile Pulau Baai.

"Ada beberapa faktor yang menyebabkan antrian truck tersebut terjadi, yakni adanya kerusakan di jembatan timbang pada salah satu stockpile tenan batu bara namun truk batubara terus berdatangan dari 3 site tambang batubara menuju ke area stockpile Pelabuhan Pulau Baai," kataAria Rovino, Rabu  (25/1/2023).

Selain itu sambungnya, juga terdapat open hauling yang cukup besar dari salah satu tenan batubara sehingga pihak stockpile yang ada di area pelabuhan cukup kewalahan dalam menangani lonjakan trafik truk yang signifikan.

Guna mengatasi kepadatan antrian truk tersebut PT Pelindo Reg 2 Bengkulu bersama KSOP Kelas III Pulau Baai sebagai regulator dan tenan terkait berencana akan menyiapkan kantong parkir sementara di area ASDP dan TPI Pulau Baai. 

Kantong parkir sementara ini diharapkan dapat mengurai antrian yang terjadi di sepanjang jalan raya pelabuhan menuju area stockpile.

"Pelindo bersama KSOP dan Tenant terkait melakukan berbagai upaya untuk mengurai antrian truk menuju stockpile pelabuhan, salah satunya disepakati dengan membuat kantong parkir di area ASDP dan TPI Pulau Baai, diharapkan dengan upaya ini dapat segera mengurai antrian truk menuju stockpile batubara di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu," pungkasnya.

BACA JUGA:Pengumuman Pendaftaran Petugas Pemutakhiran Data Pemilih KPU Kabupaten Kepahiang

BACA JUGA:PT Konimex Buka Lowongan untuk Lulusan SMA dan Sarjana, Segera Daftar, Batas Akhir 31 Januari 2023

Diketahui, dalam rapat ini turut dihadiri  perwakilan dari PT Kaltim Global, PT Indonesia Riau Sri Avantika, PT Inti Bara Perdana, PT Bara Adhipratama, dan PT Putra Maga Nanditama sebagai tenant di area stockpile. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: