Ini Daftar Motor yang Dilarang Gunakan Pertalite

Ini Daftar Motor yang Dilarang Gunakan Pertalite

Anggota Polres Bengkulu saat melakukan pemantauan dan pengecekan di SPBU Kota Bengkulu pasca kenaikan harga BBM-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  PT Pertamina (Persero) akan membatasi penggunaan bahan bakar subsidi RON 90 atau Pertalite bagi sejumlah jenis dan merek kendaraan sepeda motor. 

Sepeda motor dengan mesin di atas 250 cc dilarang menggunakan bensin jenis Pertalite.

Aturan ini menunggu terbitnya revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) termasuk juga petunjuk teknis pembelian BBM bersubsidi dan penugasan.

BACA JUGA:Revisi Perpres BBM, Ini Daftar Mobil yang Dilarang Beli Pertalite

Jika peraturan pembatasan ini resmi berlaku maka motor-motor skutik 110, 125, hingga skutik bongsor 150 cc masih diperbolehkan beli Pertalite. Sebab kapasitasnya di bawah 250 cc.

Adapun merek motor dengan mesin di atas 250 cc, yaitu untuk merek Honda, motor dengan kubikasi di atas 250 cc berdada dalam macam model.

Diantaranya, CB650R, CB500X, CBR600RR, CBR1000RR, X-ADV, CRF1100L Africa Twin Adventure Sport, sampai dengan Gold Wing.

BACA JUGA: Ini 34 Daerah Ujicoba MyPertamina Beli BBM Subsidi, Jika Belum Terdaftar Jatah Cuma 20 Liter

Selanjutnya, untuk merek sepeda motor Yamaha, ada skutik bongsor T Max, lalu MT09, dan MT07.

Lalu, untuk merek sepeda motor Kawasaki yang produknya memiliki mesin 250 cc ke atas, yaitu Ninja ZX10R, Ninja H2, KX450, Versys 1000, hingga Vulcan S.

Sementara, merek sepeda motor BMW, semua produk roda dua yang dipasarkan punya kubikasi di atas 250 cc, begitu juga dengan Triumph.

Sedangkan Suzuki saat ini tidak memiliki produk di atas 250 cc.

Pun demikian dengan Yamaha Xmax, meski tidak disebutkan jumlah cc dalam websitenya tapi diinformasikan bahwa Xmax punya ukuran diameter (bore) 70,0 mm dan langkah (stroke) 64,9 mm.

Lewat rumus (π/4) x Bore x Bore x Stroke x number of cylinders maka kapasitas mesin Xmax juga 249,6 cc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: