Mau Jadi Juru Parkir Pesawat? Segini Besaran Gajinya

Mau Jadi Juru Parkir Pesawat? Segini Besaran Gajinya

DOK/BE Penumpang tiba di Bandara Fatmawati Bengkulu. -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ketika Anda bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, Anda pasti akan menemukan juru parkir pesawat saat berada di bandara. 

Juru parkir pesawat yang nama kerennya marshaller ternyata mendapatkan gaji yang lumayan. Untuk mengetahui simak penjelasannya

Apa Tugas Juru Parkir Pesawat (Marshaller)?

Juru parkir pesawat bertugas mengatur lalu lintas pesawat-pesawat yang ada di bandara. Memang pekerjaan sebagai juru parkir pesawat bisa dikatakan yang kurang populer dibandingkan pekerjaan lainnya seperti pilot atau pramugari. Padahal, pekerjaan ini cukup penting di dunia penerbangan dan bandara.

Berbeda dengan juru parkir pada umumnya, juru parkir pesawat harus memiliki keahlian khusus. Karena, profesi ini bertugas untuk mengarahkan pesawat yang hendak parkir. Hal ini tentu bukan keterampilan yang mudah, butuh waktu yang tak sedikit untuk menguasainya.

BACA JUGA:Lowongan Kerja PT Angkasa Pura Solusi, Buka Peluang Tamatan SMA dan SMK

BACA JUGA:PT Pelni Buka Lowongan Kerja, ini Syarat dan Kualifikasinya

Juru parkir pesawat memiliki tugas yang sangat penting untuk membantu kelancaran operasional. Oleh karena itu, setiap bandara dan maskapai pasti memiliki juru parkir pesawatnya sendiri. Berikut beberapa tugas juru parkir pesawat.

  1. Memandu pilot untuk memarkirkan pesawat di lokasi yang tepat. Cara berkomunikasi marshaller dan pilot adalah dengan menggunakan gerakan tubuh.
  2. Memastikan area dan jalur parkir pesawat bebas dari hambatan apapun.
  3. Menjaga koordinasi krusial antara pilot dan pihak pengendali jalur pesawat.
  4. Melengkapi diri dengan peralatan khusus untuk membantu menjalankan pekerjaan, seperti penutup telinga, tongkat LED, jaket neon, dan sepatu keamanan.

Gaji Juru Parkir Pesawat (Marshaller)

Gaji atau penghasilan  juru parkir pesawat atau marshaller rata-rata mencapai 21 USD per jamnya. Jika dirupiahkan, maka besaran rata-rata gaji untuk tukang parkir pesawat ini sebesar Rp 302 ribu per jam (dalam kurs dolar Rp14.400 per USD).

BACA JUGA:Mau Liburan ke Bengkulu? Harga Tiket Pesawat Masih Stabil

BACA JUGA:18 Perusahaan Buka Loker di Job For Career

Tetapi, besaran gaji rata-rata dunia untuk marshaller ini tidak dapat menjadi patokan untuk gaji juru parkir pesawat di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Khusus gaji juru parkir pesawat di Indonesia, kisarannya berada di angka antara Rp 4 Juta sampai Rp 7 juta per bulan. Meski begitu, angka tersebut di luar tunjangan yang bisa didapatkan oleh pekerja sesuai dari kebijakan kantornya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: