Siap-siap! Ini Dia Formasi CPNS Paling Banyak di 2023

Siap-siap! Ini Dia Formasi CPNS Paling Banyak di 2023

PNS Pemprov Bengkulu-(foto: rio susanto/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah sudah memastikan akan membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) pada 2023 ini. 

Namun digadang-gadang, tenaga kesehatan dan guru bakal jadi formasi paling banyak pada formasi 2023 ini. 

Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Mohammad Averrouce memastikan di 2023 akan ada rekruitmen CPNS. 

Namun masih dalam proses karena Kementerian atau Lembaga masih dalam proses seleksi administrasi PPPK 2022.

"CASN kan ada CPNS sama PPPK. Kebutuhan untuk guru dan kesehatan banyak diperlukan. Saya kira di 2023 nanti dibutuhkan lagi. Kemungkinan bisa lebih banyak karena mesti lihat lagi kan kebutuhannya," kata Averrouce. 

BACA JUGA:Lowongan CPNS Tahun 2023, Prioritaskan Hakim, Jaksa, dan Dosen

BACA JUGA:Juni Penerimaan CPNS 2023 Dibuka, Siapkan Syarat-syarat ini

Meski belum bisa dipastikan karena kebutuhan validnya belum jelas, namun jika dilihat dari kebutuhan nasional, tenaga guru dan kesehatan masuk sebagai salah satu prioritas berdasarkan tingkat kepentingannya.

Berdasarkan empat arah kebijakan CASN 2023 di mana dalam poin pertama disebutkan 'fokus pelayanan dasar, yakni guru dan tenaga kesehatan sebagai langkah penyelesaian masalah tenaga non-ASN'.

Sementara pada poin kedua adalah 'merekrut CPNS secara sangat selektif'. Poin ketiga berbunyi 'memberi kesempatan rekrutmen talenta-talenta digital, data scientist, dan bidang-bidang lain secara terukur'. 

"Mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital," begitu bunyi poin keempat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: