Wow! Ternyata Segini Besarnya Gaji Pilot di Indonesia

Wow! Ternyata Segini Besarnya Gaji Pilot di Indonesia

Maskapai Garuda Indonesia saat mendarat di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu-(foto: rio susanto/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pilot merupakan salah satu profesi yang dianggap memiliki gaji yang besar karena pertaruhannya adalah nyawa. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Dari jenis maskapai tempat bekerja, faktor pengalaman, ukuran pesawat yang diterbangkan, hingga jabatan atau pangkat yang dimilikinya.

Di Indonesia, besaran gaji pilot per bulan itu berbeda-beda. Umumnya, perbedaan gaji ini akan dipengaruhi oleh jenjang karier dan maskapai tempat pilot bekerja. 

Berdasarkan jenjang karier ini, beriku gaji pilot per bulannya.

BACA JUGA:PT Astra International Tbk Buka Lowongan, Persiapkan Syaratnya!

BACA JUGA:6 Lowongan Kerja Kemenko Perekonomian, Gajinya Sampai Rp 7 Juta

Captain

Seorang Captain memiliki penanda empat garis yang berwarna emas, meski ada juga yang menggunakan warna putih. Dalam bertugas, Captain juga bisa disebut sebagai Pilot In Command (PIC). Artinya adalah pemimpin tertinggi dalam pesawat dengan kaitannya pada keamanan dan keselamatan penerbangan. Estimasi gaji untuk seorang Captain adalah sekitar Rp 50 juta per bulan.

 

First Officer

Setelah second officer, jenjang karier pilot yang selanjutnya adalah First Officer atau FO. Pilot dalam posisi ini akan bertugas untuk menerbangkan pesawat bersama dengan supervisi dari komandan atau kapten penerbangan yang bertanggung jawab. Untuk gaji pilot dalam jenjang karier ini, akan memperoleh penghasilan sekitar 30-40 juta per bulan.

 

Cadet Pilot

Dalam pengertiannya, Cadet merupakan Co-Pilot yang baru saja lulus dari sekolah penerbangan. Biasanya, dia memiliki tanda berupa 1 garis di pundaknya sebagai penanda pangkat yang dimiliki. Estimasi gaji seorang Cadet Pilot biasanya berada di bawah posisi dan pangkat lainnya atau sekitar Rp 18 juta hingga Rp 35 juta per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: