Legitnya Kue Bay Tat Bengkulu

Legitnya Kue Bay Tat Bengkulu

--

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Indonesia memiliki beragam kuliner lezat yang bisa dijadikan oleh-oleh. Bagi Anda yang sedang berlibur di BENGKULU, ada kue Bay Tat makanan khas dan favorit penduduk setempat. Bay Tat kue berbentuk lingkaran, yang ditengahnya diisi dengan selai nanas, yang rasanya sangat legit. Terkadang kue khas BENGKULU ini juga diberi taburan keju.

Nama bay tat sendiri berasal dari kata Bengkulu “bay” yang berarti utama dan “tat” dari kata tart. Dengan kata lain, bay tat merupakan kue khas masyarakat Bengkulu.

"Kue Bay Tat sudah menjadi ikon kuliner Bengkulu, yang bisa dinikmati semua lapisan masyarakat. Kue ini sangat cocok buat oleh-oleh sekaligus memperkenalkan Makanan Khas Bengkulu" Ujar Ronal Pemilik Toko Kue Bay Tat di Bengkulu kepada Bengkuluekspress.com, Jumat (13/1).

Pada zaman dahulu, bay tat disajikan kepada raja dan keluarganya. Bengkulu sendiri diketahui memiliki beberapa kerajaan, seperti kerajaan Pepinau, Selebar dan Sungai Serut.

Bay Tat terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur dan mentega dan santan.  Adonan ini kemudian digoreng sebelum diolesi selai nanas. Setelah disangrai, daun salam biasanya memiliki aroma santan yang khas. Tak heran jika kue ini memiliki tekstur yang lembut, namun juga sedikit renyah. Rasa selai nanasnya nyata, pas di lidah.

Kue khas Bengkulu ini biasanya disajikan dengan kopi dan teh. Sebelum disajikan, kue harus dipotong-potong. Ini karena biasanya Kue Bay Tat dijual dalam bentuk kotak atau lingkaran, seperti pie di luar negeri.  (MG5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: