Jangan Konsumsi Samcodin Berlebihan, Efek Sampingnya Bisa Begini

Jangan Konsumsi Samcodin Berlebihan, Efek Sampingnya Bisa Begini

Kantor BPOM-(foto: tri yulianti/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Samcodin merupakan obat yang diketahui ampuh mengatasi pilek dan juga batuk membandel. Namun, penggunaan obat Samcodin ini kerap disalahgunakan oleh kalangan masyarakat, khususnya pelajar dan orang dewasa.

Samcodin mengandung guaifenesin dan dextromethorphan. Samcodin digunakan untuk mengatasi batuk dan mengencerkan dahak yang disebabkan alergi.

Selain itu samcodin merupakan obat bebas terbatas yang bisa didapatkan tanpa resep dokter. Cara penggunaanya juga cukup mudah, namun tetap mengikuti petunjuk dokter dan ketentuan yang ada pada kemasan.

Diungkapkan Kepala BPOM Bengkulu Yogi Abaso Mataram, penggunaan obat Samcodin secara berlebih tentu akan menimbulkan efek samping. Selain membuat ngantuk, penggunaan obat yang secara berlebihan bisa mengganggu syaraf otak.

BACA JUGA:Temuan BPOM, Pelajar Hingga Petani Sawit Konsumsi Samcodin, untuk Apa?

BACA JUGA:Pria Ini Simpan Ribuan Pil Samcodin di Atas Bubungan Teras Rumah

"Kalau pengakuan mereka yang mengkonsumsi itu sejenis dopping, tapi setelah kita lihat dari kandungan obat ini tidak ada larinya kearah sana," kata Yogi Abaso Mataram, Sabtu (14/1/2023) pada bengkuluekspress.com.

Selain itu, efek samping yang ditimbulkan adalah halusinasi dan itu mempengaruhi susunan syaraf pusat. 

Bila mana obat ini dikonsumsi secara berlebihan dan tidak dari saran dokter, memberikan efek samping jangka panjang

Seperti mengganggu konsentrasi,dan  gangguan syaraf. Lalu dosisnya tidak terukur dan penggunaanya juga tidak sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan menimbulkan efek samping yang lebih berbahaya.

BACA JUGA:Simpan 710 Butir Samcodin, Pemuda Ini Terancam 15 Tahun Penjara

BACA JUGA:Samcodin Marak Dijual Secara Bebas

Cara Penggunaan Obat

Konsumsi sesuai petunjuk penggunaan yang ada di kemasan obat atau resep dokter. Jangan melebihi atau mengurangi dosis yang ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: