Laundry Sepatu Kian Diminati

Laundry Sepatu Kian Diminati

M.Fakih-MG/BE Karyawan jasa laundry sepatu menunjukkan sepatu yang sudah dilaundry.--

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM, - Laundry umumnya dikenal sebagai layanan binatu pencucian pakaian. Namun saat ini, Laundry tidak lagi sekedar mencuci pakaian, tetapi juga sudah merambah jasa pencucian sepatu. Tren penggunaan jasa cuci sepatu mulai digandrungi banyak orang dalam tiga tahun terakhir.

Seperti diakui Marandika Delvechio, salah satu karyawan cuci sepatu di Kota Bengkulu kepada Bengkuluekspress.com, Rabu (11/1), ''Usaha cuci sepatu Bengkulu baru berdiri pertama kali pada 2019. Banyak orang sudah pelanggan tetap jasa cuci sepatu tersebut.'' 

BACA JUGA:Baju Thrift Digemari Semua Kalangan

BACA JUGA:Ini Syarat dan Tabel Angsuran Pinjaman KUR BRI 2023, Mulai dari Rp 50 Juta hingga Rp 150 juta

Mencuci sepatu sangat berbeda dengan menangani pakaian. Pencuciannya tidak hanya mencuci dengan sabun, ada perawatan lain yang membantu penampilan sepatu. Jasa cuci sepatu sangat berbeda dengan pakaian. Mulai dari penggunaan sabun hingga pencucian dan pengeringan. 

Sabun cuci biasanya disebut bahan kimia. Jadi sebelum mencuci kita harus mengetahui bahan sepatu itu terbuat dari apa karena bahan kimianya berbeda-beda sesuai dengan bahan sepatu itu sendiri.

Kemudian, berbagai layanan akan disediakan untuk metode pencucian. Selain dry cleaning, fasilitas cuci sepatu menawarkan layanan lain, seperti memutihkan sepatu, mewarnai sepatu atau mengubah warna sepatu asli menjadi warna berbeda, sepatu bersudut, yaitu. teknologi pencucian dengan memutihkan sol dari dalam dan luar, dan perbaikan kecil. 

''Restorasi kecil ini merupakan teknik cuci sekaligus memperbaiki kerusakan sepatu yang terbuat dari kulit, tetapi, rata-rata 75 persen pelanggan di Bengkulu lebih suka cuci kering saja. Sekitar 25 persennya ada yang pakai jasa tambahan angleic, sisanya baru pakai jasa restorasi itu,’’ papar dia. 

Untuk pengeringan sendiri, per pasang sepatu wajib dikeringkan selama 4-5 jam, agar tidak memengaruhi warna dan merusak bahan asli sepatu.

Adapun harga jasa laundry sepatu sendiri dihitung berdasarkan menu cuci, diantaranya, simple cleaning Rp 35 ribu, deep cleaning Rp 45 ribu, deep cleaning one day Rp 60 ribu, women shoes cleaning Rp 40 ribu, leather/boots cleaning Rp 50 ribu, whitening treatment Rp 50 ribu, kids shoes cleaning Rp20 ribu dan untuk laundry spesialnya Rp 80 ribu. (MG5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: