Mengenal Komunitas Merpati Kolongan Bengkulu

Mengenal Komunitas Merpati Kolongan Bengkulu

Komunitas Merpati Kolongan Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pecinta burung merpati di Bengkulu cukup banyak. Bahkan pecinta burung merpati telah membentuk komunitas bernama Komunitas Merpati Kolongan Bengkulu. Komunitas ini membuat lomba burung merpati setiap 2 minggu sekali. 

Ketua Komunitas Burung Merpati Kolongan Bengkulu Andika (32) mengatakan kepada Bengkuluekspress.com. "Komunitas Burung Merpati Kolongan Bengkulu ini sudah ada sejak 2013 sampai sekarang 2023. Pada tahun 2013-2019 Komunitas merpati ini sempat redup dan kembali aktif pada 2020 saat Covid 19 melanda hingga sekarang," ujar Andika, Kamis (5/1/2023). 

Jumlah anggota Komunitas Merpati Kolongan Bengkulu ada sekitar 150 orang di Kota Bengkulu. Bila anggota di Kota Bengkulu dan di kabupaten digabungkan bisa mencapai sekitar 500-an orang. 

Andika menjelaskan, kegiatan Komunitas Burung Merpati Kolongan Bengkulu ini setiap 2 minggu sekali mengadakan lomba berhadiah paling besar pernah mencapai total Rp 20 juta. Lomba berupa adu terbang cepat Merpati dalam jarak 850 meter. Masing-masing Burung Merpati yang dilombakan dilepaskan dari garis start. Lalu, mereka menuju garis finis masuk ke kolongan atau zona area lomba.

BACA JUGA:Info Pangan, Harga Cabai di Bengkulu Tembus Segini

BACA JUGA:Pria yang Pamer Alat Vital ke Mahasiswi Bengkulu Dicari Polisi 

''Burung Merpati yang paling cepat masuk ke kolongan dan menginjak tanah itulah pemenangnya,'' imbuh Andika. 

Andika menambahkan, bagi yang ingin bergabung menjadi anggota Komunitas Merpati Kolongan Bengkulu syaratnya cukup mudah. Komunitas ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh masuk, yang penting punya burung, bisa merawat burungnya dan bisa melatih burung merpati itu sendiri.

"Saya berharap kedepan semoga kolongan merpati Bengkulu semakin maju, semakin sukses dan semakin kompak," tutup andika.(MG2)

 

Cara Merawat Burung Merpati

Tahap menjodohkan Burung Merpati:

1. Membeli Burung Merpati terlebih dahulu

2. Menyatukan Burung Merpati yang sudah dibeli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: