Selain Kanker, Ada 6 Penyakit Lain yang Timbul Akibat Merokok

Selain Kanker, Ada 6 Penyakit Lain yang Timbul Akibat Merokok

Ilustrasi rokok -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

JAKARTA, BENGKULUEKPRESS.COM - Sebagian orang menyadari bahwa mengkonsumsi rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Namun bahaya rokok itu kerap disepekan, terlebih pada kaum pria dan wanita ataupun perokok aktiv. 

Tahukah kamu, setiap rokok yang dihisap dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit.

Dilansir dari web Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) diperkirakan 230.000 orang yang meninggal akibat rokok.

Tak hanya itu, terdapat kandungan yang berbahaya didalam sebatang rokok. Satu batang rokok diperkirakan terdapat 7.000 bahan kimia dan 70 diantaranya bisa menyebabkan penyakit kanker.

Selain itu, terdapat nikotin yang merupakan zat stimulan yang bisa memberikan peningkatan suasana hati dan daya ingat tetapi pada mereka yang mengkonsumsi rokok tersebut. 

BACA JUGA:Vape Versus Rokok Biasa, Mana yang Paling Bahaya? Ini Faktanya

BACA JUGA:Jualan Rokok Batangan Juga Bakal Dilarang, Ini Aturannya

Zat ini juga menimbulkan efek samping adiksi atau kecanduan yang membuat perokok susah untuk berhenti. Selain nikotin terdapat karbon monoksida, tar, dan banzena yang terdapat didalam rokok. Masing-masing bahan tersebut memiliki efek samping penyakit yang berbahaya.

Berikut penyakit yang ditimbulkan akibat seringnya mengkonsumsi rokok:

1. Gangguan pada Kardiovaskular

Gangguan ini terjadi kepada orang yang sering merokok baik perokok aktiv atau sekedar menghirup asap roko. Hal ini berisiko lebih tinggi terkena penyakit , seperti penyakit jantung dan stroke. Tak hanya itu, penyakit itu juga bisa meningkat atau rentan bagi  perokok yang jarang berolahraga serta tidak menjaga pola makanan.

2. Kerusakan Otak 

Merokok dapat mengganggu perkembangan dari fungsi otak yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit aneurisma otak dan pikun 

BACA JUGA:1 Januari 2023 Harga Rokok Naik, Berikut Rinciannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: