OPINI: Jurnalisme Otomatis dan Masa Depan Media Berita

OPINI: Jurnalisme Otomatis dan Masa Depan Media Berita

Jurnalisme Otomatis dan Masa Depan Media Berita-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Oleh Tri Yulianti Imran, Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Fisip Unib

MEDIA baru atau New Media, kata yang pas menggambarkan perkembangan zaman saat ini. Kata-kata itu mulai digaungkan sejak teknologi komunikasi digital mulai terkomputerisasi dengan jaringan atau acap disebut internet.

 Artinya perkembangan teknologi saat ini sudah semakin canggih dengan pola sistem yang mencangkup keseluruhan apa yang dibutuhkan oleh manusia

Media identik dengan informasi dan kebenaran, jika dikaitkan dengan new media saat ini sudah pasti memiliki hubungan yang tak dapat dipisahkan antara teknologi dan komunikasi digital yang jalan beriringan.

Dulu sebelum munculnya internet, manusia  mencari informasi dan menguji kebenaran informasi lewat alat yang disebut media. Seperti, Radio, Koran dan Televisi.

BACA JUGA:Embung Kurangi Dampak Banjir

BACA JUGA:Danrem 041/Gamas Bengkulu: Pentingnya Bela Negara



Data penduduk Indonesia yang terkoneksi Internet 2021-2022 (sumber: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia)-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Sekarang semua orang dengan mudah dapat informasi melalui media sosial (medsos) dan semua orang bisa menjadi jurnalis warga (citizen journalist) yang dapat menginformasikan situasi sekitar.

Contonya saja, masyarakat cukup membuka berbagai platfrom yang tersedia di App Store maupun Play Store yang memuat cukup banyak platfrom media sosial yang dapat digunakan dalam mencari informasi. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, YouTube, dan lain-lainnya. Walapaun informasi itu belum diketahui kebenarannya.

Begitu pula yang dirasakan kaum jurnalis saat ini. Maraknya informasi yang dengan gampang beredar, menjadikan insan pers  lebih keras dalam bekerja, untuk menguji kebenaran informasi yang ada.

Jauh sebelum muncul internet,  informasi didapat dari mulut ke mulut. Lalu bertransformasi ke smartphone. Kehadiran smartphone ini mempermudah jurnalis untuk merekam data yang didapat di lapangan.

BACA JUGA:Mobnas Boleh Dipakai untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

BACA JUGA:Ini Kelurahan Terkotor di Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: