Mobil Bak Terbuka Dilarang Angkut Orang

Mobil Bak Terbuka Dilarang Angkut Orang

Mobil bak terbuka saat kedapatan angkut penumpang orang-(foto: rio susanto/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjelang libur panjang akhir tahun 2022, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu akan mengantisipasi transportasi menggunakan mobil bak terbuka. 

Hal ini juga persiapan menyambut lonjakan wisatawan menjelang tahun baru dari luar daerah yang biasanya menggunakan mobil bak terbuka untuk mengangkut orang. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu, Hendri Kurniawan melalui Kabid Lalu Lintas dan Angkutan, Irwansyah mengimbau masyarakat tidak menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut orang. 

Sebab, kendaraan itu bukan untuk mengangkut penumpang dan tidak memenuhi aspek keselamatan. 

"Mengacu pada aturan perundang-undangan berlaku mobil pick up atau sejenisnya adalah angkutan barang. Artinya, jika tetap dilakukan maka menjadi suatu pelanggaran dan harus ditindak," ujar Irwansyah, Sabtu (17/12/2022).

BACA JUGA:Polresta Bengkulu Rekayasa Arus Lalu Lintas Tahun Baru

Untuk meningkatkan pengawasan itu,pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian sekaligus penjagaan jelang natal dan tahun baru. Dan akan ditempatkan personel untuk mengawasi di setiap perbatasan. 

"Kita harus tegas dalam hal ini karena mengutamakan keselamatan. Maka  dari itu, gunakanlah kendaraan sesuai peruntukannya demi keselamatan kita semua," imbaunya. 

Diketahui, sudah tercatat beberapa kali kasus kecelakaan lalu lintas yang dialami warga saat menaiki mobil bak terbuka tersebut. 

Risiko yang dialami juga bisa berdampak terhadap pengendara lain. "Kami juga sosialisasikan agar tidak dipakai, sangat berbahaya. Kami juga melakukan koordinasi dengan kepolisian untuk memantau kendaraan pada momen nataru," terang Irwansyah.

Di sisi lain, menjelang Nataru, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu mulai melakukan antisipasi terhadap keramaian, untuk menjaga  ketertiban umum.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Bengkulu, Yurizal mengatakan masyarakat disaranakan agar merayakan tahun baru dengan berkumpul bersama keluarga atau membuat acara yang lebih positif. 

Untuk itu, pihaknya juga akan mensosialisasikan agar tidak melakukan hal-hal yang bisa memberikan risiko untuk diri sendiri maupun orang lain. 

"Ya, soal keamanan itu bukan semata-mata tanggung jawab aparat, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, mari keamanan dan ketertiban bersama-sama kita jaga," harapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: