Danrem Bengkulu Pesankan Pentingnya Penguatan Karakter Generasi Muda

Danrem Bengkulu Pesankan Pentingnya Penguatan Karakter Generasi Muda

IST : Foto bersama usai kuliah umum di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu, Kamis (8/12/2022).--

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Komandan Korem (Danrem) 041/Gamas Bengkulu, Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr ( Han) mengisi kuliah umum di SMAN 5 Kota Bengkulu, Kamis (8/12/2022. Pada kesempatan ini Danrem berpesan pentingnya penguatan karakter dan integritas untuk generasi muda.

Danrem 041/Gamas mengungkapkan, "Belajar dan terus belajar adalah istilah yang sering dan populer kita dengar dalam dunia pendidikan. Semangat belajar serta mengaplikasikan antara teori dan praktik menjadi wujud akhir dari proses belajar.''

Berbagai materi pelajaran yang sudah diterima oleh siswa dan siswi setingkat  SMA sederajat perlu membutuhkan pengembangan wawasan sebagai generasi muda untuk dapat menentukan arah masa depan secara bijak.Bahkan perlu dilakukan penguatan untuk lebih meyakinkan kedewasaan serta kepercayaan diri sebagai generasi muda. Untuk itu Danrem 041/Gamas memberikan wejangan berupa pemberian materi membangun jati diri yang berkarakter dan berintegeritas dimana materi ini bagian dari Penguatan Bela Negara Bagi Generasi Muda Korem 041/Gamas TA. 2022.

Penguatan bela negara ini juga diikuti siswa dan siswi sebanyak 300 orang yang terdiri dari perwakilan sekolah sekota Bengkulu yaitu sekolah SMAN 11 sekolah dan SMK 9 sekolah.

"Kita harus mengenal diri kita sehingga dengan sendirinya dapat mengenal serta memiliki karakter dan integeritas yang terpuji," ungkap Danrem.

Menurutnya, dengan terbangunnya hal tersebut diatas sudah merupakan indikator untuk mewujudkan generasi tangguh, unggul dan bermutu menuju Indonesia emas 2045 harus kokohkan persatuan dan perkuatan Jiwa Nasionalisme serta pegang teguh nilai-nilai Pancasila.

"Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus selalu disiplin, disiplin itu akan tertanam dalam diri sendiri apa bila benar-benar kita laksanakan dengan baik. Kita sebagai generasi penerus, tugasnya sekarang mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan menuju Indonesia emas pada 2045," ujar Danrem 041/Gamas.

Terakhir, dia berpesan kepada siswa dan siswi sebagai generasi penerus harus rajin belajar dan ibadah serta mengajak seluruh siswa dan siswi  untuk selalu memegang teguh bahwa NKRI adalah harga mati. 

“Hormati orang tua dan para guru serta jangan bermain dengan narkoba, karena narkoba dapat merusak semua sendi kehidupan kita," kata Danrem 041/Gamas.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat menyampaikan ucapan terimakasih atas berkenan Danrem 041/Gamas mengunjungi bersilaturahmi dan memberikan materi Membangun Jati Diri Yang Berkarakter Dan Berintegeritas kepada siswa dan siswi SMAN 5 serta perwakilan sekolah.

"Ini suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi kami, apalagi sekarang ini telah terjadi pergeseran nilai-nilai Karakter pada siswa dan siswi disekolah yang indikatornya terlihat dari sikap dan perilaku dimana dalam sehariannya seorang siswa maupun siswi sudah berani memanggil gurunya Coy, Broo bahkan meminta rokok maupun mancis," terang Eri.

Bahkan lebih jauh, dia mengatakan lunturnya etika sebagai anak didik, Peradaban  yang sudah sangat berbeda. Perbandingannya dulu kita segan dan sangat menghargai guru,  ini lah dampak dari pergeseran nilai nilai karakter. Sehingga dengan kehadiran Danrem ke sekolah ini pihaknya sangat berharap dapat memberikan wejangan,  pandangan,  pembinaan, motivasi dan inspirasi yang berkaitan dengan pembentukan karakter nilai-nilai Pancasila kepada siswa dan siswi SMAN 5 serta perwakilan sekolah lainnya dalam mencapai cita-citanya. 

"Tidak ada seorang perdana menteri, Danrem, Gubernur, Kadisdiknas dan pejabat lainnya yang hebat tanpa Guru," tutup Eri.

Kegiatan ini dihadiri juga Kasiter Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf Arif Dipayana, S.I.P.,M.M, Dandim 0407/KB Kolonel Inf Hendriawan Senjaya, S.E., M.Tr.(Han), Sekdis Diknas Provinsi M. Syahjudin,M.Pd, Kepala Sekolah SMAN 5, Pasi Bakti Siterem 041/Gamas, Wakil Kepala sekolah, para Kepala sekolah perwakilan, para guru, serta siswa- siswi perwakilan se-kota Bengkulu. (Suary).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: