Pemkot Bengkulu Naikkan Target PAD Jadi Rp 300 M

Pemkot Bengkulu Naikkan Target  PAD Jadi Rp 300 M

Kepala Bapenda Kota Bengkulu, Eddyson.-(foto: firman triadinata/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahun depan Pemerintah Kota Bengkulu akan menaikkan target pendapatan asli daerah (PAD) di Kota Bengkulu sebesar 90 persen dari tahun ini yang hanya sebesar Rp167 miliar, menjadi Rp 300 miliar.

Kepala Bapenda Kota Bengkulu Eddyson mengatakan, kenaikan target PAD yang akan dilakukan pemerintah kota bukan tanpa alasan. Pasalnya hal ini melihat dari pertumbuhan ekonomi yang sudah membaik pasca pandemi covid 19.

Selain itu, kenaikan dilakukan setelah hasil uji petik yang sudah dilakukan Bapenda Kota Bengkulu beberapa waktu lalu dari 11 sektor pajak dan retribusi yang ditarik pemerintah Kota Bengkulu. Sektor terbesar menyumbang PAD sendiri berasal dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) serta BPHTB.

BACA JUGA:Kasus OTT Dispendik Bengkulu Utara, Kasi Sarpras SMP Diperiksa Penyidik Polda Bengkulu

"Kita sudah lakukan uji petik, memang nilainya naik, maka target PAD kita naikkan Rp 300 miliar. Saat ini kan ekonomi juga sudah mulai membaik, dan kita akan lebih maksimal dalam menyerap PAD dari semua item yang ada. Apalagi sudah ada tambahan item pajak seperti catering dan kos-kosan, air tanah, dan lain-lain yang mulai kita garap pada tahun depan," jelasnya, Senin (21/11/2022).

Sementara itu, kendati merancang menaikkan target PAD tahun depan, untuk tahun ini PAD pemerintah kota baru mencapai 75 persen dari nilai target yang ditetapkan. Namun Bapenda optimis target pajak tersebut dapat tercapai hingga akhir tahun. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: