5 Tokoh Bengkulu Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Salah Satunya Kakek Ashanty

5 Tokoh Bengkulu Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Salah Satunya Kakek Ashanty

Kakek Ashanty, Abdullah Siddik (kiri) bersama Presiden Soekarno-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Lima orang tokoh asal Bengkulu diusulkan menjadi pahlawan nasional oleh Perkumpulan Kantor Bantuan Hukum Bengkulu (PKBHB) kepada Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Bengkulu.

Salah satu pejuang yang diusulkan itu adalah kakek dari artis Ashanty yakni Prof Dr Haji Abdullah Siddik.

Dalam suratnyat tersebut, tanggal 14 November 2022, Ketua PKBHB Evi Elvina Dwita SH menyatakan, kelima tokoh tersebut layak diusulkan menjadi pahlawan nasional, karena perannya dalam kemerdekaan di Indonesia.

Berikut 5  tokoh Bengkulu yang diusulkan menjadi Pahlawan Nasional 

1. Letkol Santoso

Pertimbangannya bahwa beliau sangat memenuhi syarat karena semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik untuk mencapai, merebut, mempertahankan kemerdekaan serta mewujudkan kesatuan bangsa.

Beliau juga memenuhi syarat dan kriteria lain sebagaimana diatur dalam UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan.

2. Prof Dr Haji Abdullah Siddik 

Dengan pertimbangan beliau memenuhi syarat karena semasa hidupnya beliau adalah sejarawan, diplomat, dan ahli hukum untuk tujuan mencapai, merebut, mempertahankan kemerdekaan serta mewujudkan kesatuan bangsa.

3. Nawawi Manaf

Dengan pertimbangan beliau memenuhi syarat karena semasa hidupnya beliau pernah memimpin perang mempertahankan kemerdekaan tahun 1945-1949 di Bengkulu. 

4. Mayor Salim Batubara

Dengan pertimbangan beliau memenuhi syarat karena semasa hidupnya beliau memenuhi syarat karena semasa hidupnya pernah memimpin perang mempertahankan kemerdekaan 1945-1949 di Bengkulu, bahkan beliau gugur di medan perang.

5. Anak Marhaen Hanafi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: