Dewan Minta Program SR Gratis Tepat Sasaran

Dewan Minta Program SR Gratis Tepat Sasaran

Pipa saluran air untuk masyarakat miskin dari programĀ SRĀ gratis-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Wakil Ketua I DPRD kota Bengkulu, Marliadi SE meminta agar program sambungan rakyat (SR) gratis yang dipasang di dua kelurahan yakni Bentiring dan Sukarami bisa tepat sasaran. Mengingat program SR ini diperuntukan bagi masyarakat miskin yang selama ini belum memiliki sambungan air bersih PDAM

"Kita minta agar penerima program pusat ini bisa tepat sasaran, karena klasifikasi yang berhak mendapatkan adalah warga kurang mampu. Kita berharap program SR gratis ini bisa terus berlanjut dan pemasangan bisa merata di seluruh kecamatan. Karena kebutuhan air bersih ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, juga sebagai kebiasaan menerapkan pola hidup sehat," jelas Marliadi, Rabu (02/11/2022).

Ia kembali mengingatkan, dalam pemasangan sambungan PDAM gratis ini tidak akan ada pungutan uang sepeser pun dari petugasnya. Jika ada oknum yang meminta uang kepada warga diharapkan untuk segera melapor karena program ini gratis bagi masyarakat miskin.

Untuk diketahui, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bengkulu melakukan pembangunan jaringan baru pipa PDAM di kelurahan Bentiring dan kelurahan Sukarami dengan nilai poyek Rp 5 miliar yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Program ini juga untuk mendukung program sambungan rumah gratis bagi masyarakat miskin. 

BACA JUGA:BNN Provinsi Bengkulu Blender Ratusan Pil Ekstasi

"Pekerjaan ini sudah hampir selesai kita pasang ada dua paket kelurahan bentiring Rp 2,5 M dan kelurahan sukarami Rp 2,5 M jadi totalnya ada 5 miliar. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2018 lalu, dan Pemerintah Kota Bengkulu menargetkan terpasang 10 ribu SR gratis. Namun, saat ini baru mencapai sekitar 3 ribuan," jelas Kabid Cipta Karya Dinas PUPR kota, Agus S Wijaya.

Ada sekitar 885 Kepala Keluarga (KK) yang akan mendapatkan pengembangan jaringan distribusi air bersih ini dengan rincian 385 sambungan di kelurahan Sukarami dan 500 sambungan pipa di kelurahan Bentiring sekaligus pemasangan jaringan induk. 

Setelah pengerjaan selesai, jaringan pipa SR ini akan dihibahkan ke Perumda Tirta Hidayah karena program ini merupakan lanjutan tahun sebelumnya dan pihak Perumda Tirta Hidayah yang akan melakukan pemeliharaan dan pengelolaan selanjutnya. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: