Bentuk Karakter Kebangsaan, LEMHANNAS RI Gelar Dialog di Bengkulu

Bentuk Karakter Kebangsaan, LEMHANNAS RI Gelar Dialog di Bengkulu

Pemaparan materi kebangsaan oleh Letnan Jendral TNI Mohamad Sabra Fadhilah.-(foto: rio susanto/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKUKUEKSPRESS.COM - Lembaga Pertahanan Nasional (LEMHANNAS) RI menyelenggarakan dialog wawasan kebangsaan Republik Indonesia di Provinsi Bengkulu, Rabu (19/10/2022). Bertempat di Hotel Grage Horizon  Bengkulu, acara ini berlangsung selama tiga hari dan berakhir pada 21 Oktober 2022 mendatang.

Lembaga Ketahanan Nasional RI merupakan sebuah lembaga non kementerian di bawah Presiden untuk pemantapan nilai-nilai kebangsaan dan melakukan kajian strategis terhadap berbagai persoalan bangsa dalam lingkup nasional, regional, maupun internasional.

Disampaikan Wakil Gubernur LEMHANAS RI, Letnan Jendral TNI Mohamad Sabra Fadhilah, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami wawasan kebangsaan.

Selain itu,  kegiatan ini juga dalam rangka membangun karakter kebangsaan dan meningkatkan kemampuan peserta dalam mengembangkan sikap dan perilaku positif serta karakter kebangsaan pada diri sendiri dan dalam mentransformasikan nilai-nilai kebangsaan di lingkungan masing-masing untuk memajukan peradaban dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Oknum Polri yang Aniaya ART Dituntut 7 Tahun Penjara, Istrinya 4 Tahun Penjara

"Tujuannya untuk menyampaikan pemahanman kembali kepada para peserta dari berbagai kalangan dimulai dari ormas, mahasiswa dan lain lainnya. Untuk mengingat kembali tentang keindonesiaan, kewawasan tentang Indonesia itu sendiri dan sejarah bangsa Indonesia yang sungguh luar biasa serta untuk mengetahui situasi dunia saat ini yang mengalami banyak perubahan dinamika perkembangan global yang tentunya akan mempengaruhi dalam negri. Begitu juga didalam negri sendiri juga ada dinamika-dinamika tertentu yang menyebabkan banyak perubahan, " kata Letnan Jendral TNI Mohamad Sabra Fadhilah pada bengkuluekspress. com (19/10/2022). 

Dialog wawasan kebangsaan ini juga membahas mengenai materi penanaman kebanggaan budaya lokal yang harus dipahami agar menjadi manusia yang seutuhnya. Akan tetapi tetap tidak melupakan keberagaman budaya yang ada di Indonesia agar tidak berpikir sempit dengan adanya kebanggaan kebudayaan lokal tersebut, tetapi justru kebanggaan kebudayaan lokal tersebutlah yang merekatkan dengan budaya lainnya agar kita terus bergerak maju bersama-sama. 

"Sebagai bangsa Indonesia kita harus menjaga, memelihara serta melestarikan budaya lokal yang ada saat ini karna itulah kelebihan yang dianugrahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa yang sangat luar biasa serta dengan adanya keberagaman budaya lokal tersebut membuat bangsa ini semakin menyatu dalam keberagaman," ujarnya. 

Letnan Jendral TNI Mohamad Sabra Fadhilah berharap  dengan diadakannya dialog ini dapat memberikan pemahaman mengenai jati diri individu agar bangsa Indonesia bisa terus bergerak maju mengikuti perkembangan global dunia dan tetap bisa eksis dan menjaga dengan baik bahkan lebih maju dari sebelumnya. 

"Harapan diadakannya dialog ini yaitu untuk memberikan pemahaman mengenai jati diri kita sendiri agar bangsa indonesia bisa terus bergerak maju mengikuti perkembangan global dunia dan tetap bisa eksis dan menjaga dengan baik bahkan lebih maju dari sebelumnya." tutup Letnan Jendral TNI Mohamad Sabra Fadhilah. (Anna/Chika).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: