Desa Teladan dan Talang Benih Positif Rawan DBD

Desa Teladan dan Talang Benih Positif Rawan DBD

\"dbd\"CURUP, BE - Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan dan Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup Kota, merupakan dua titik yang dikategorikan rawan wabah Demam Berdarah Dangue (DBD). Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong (RL), bahkan telah melakukan fooging dan penyebaran bubuk abate di 2 lokasi tersebut.

\"Tidak menutup kemungkinan, upaya serupa juga akan dilakukan di beberapa desa atau kelurahan lainnya.  Hanya saja, warga juga ikut proaktif untuk memberikan informasi jika ada warga yang positif terjangkit DBD,\"  ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan RL Herwan Antoni SKM MM.

Dijelaskan Herwan, melalui informasi warga tersebut, Dinas Kesehatan akan melakukan pendataan dan melakukan survei ke lokasi.  Selanjutnya, tim khusus penanganan DBD akan mencari titik lokasi perkembangbiakan nyamuk pembawa DBD. “Jika positif ada sarangnya, maka segera akan kita fooging. Sebab, terkadang, nyamuk menggigit warga penderita DBD justru bukan di lingkungan tempat tinggalnya. Bisa saja, korban digigit nyamuk tersebut saat tengah berada di daerah lain,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Herwan, pihaknya sangat berharap agar warga tidak segan-segan meaporkan peristiwa DBD yang ada di sekitar tempat tinggalnya agar segera dilakukan langkah penanggulangan DBD. “Hari ini (kemarin) kita akan mendatangi korban DBD warga Kelurahan Air Putih Lama untuk didata dan melakukan pengecekan di daerah permukiman tempat tinggalnya,” tutupnya.. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: