Ratusan Mahasiswa Unib Ikuti KKN Periode 98 Disebar ke 2 Kabupaten

Ratusan  Mahasiswa Unib Ikuti KKN Periode 98 Disebar ke 2 Kabupaten

Peserta KKN Periode 98 Universitas Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

 BENGKULU,BENGKULUEKSPRESS.COM - Universitas Bengkulu melepas ratusan mahasiswa untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode 98 pada Senin, (3/10/2022) di halaman Gedung Lembaga Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa (LPPM).

Koordinator Pengembangan KKN Julia Purnama mengatakan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini merupakan bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Kegiatan ini  berlangsung selama  satu bulan, yang mana lokasi KKN tersebut telah ditentukan oleh pihak kampus.

Selain itu, program atau kegiatan ini merupakan salah satu kurikulum yang wajib ditempuh oleh mahasiswa di Universitas Bengkulu. Dalam KKN periode ini, pihak P3KKN UNIB mengangkat tema "Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Bengkulu".

"Untuk lokasi KKN periode  ini tersebar di Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang. Sedangkan untuk penempatan lokasi  KKN, mahasiswa dapat mengecek secara  langsung melalui laman Sikkn.unib.ac.id," kata Julia, pada bengkuluekspress.com, Senin (3/10/2022).

BACA JUGA:Prodi Jurnalitisk Unib Bahas Ilmu Antropologi dengan Dialog Kebangsaan

Selanjutnya, dalam laman Sikkn.unib.ac.id. tersebut juga dibekali tentang materi KKN, sehingga mempermudah mahasiswa dalam menjalankan program KKN. Tak hanya itu, program KKN ini juga dapat diakses dengan Aplikasi laman Sikkn.unib.ac.id. di halaman tersebut juga bisa mengetahui materi pembekalan Sikando. 

Aplikasi Sikando merupakan aplikasi KKN Unib berbasis android yang digunakan untuk melakukan presensi secara online berbasis Geolocation, pelaporan kegiatan KKN, bimbingan dosen pembimbing lapangan dengan peserta KKN dan pengumuman lainnya, untuk menggunakan aplikasi tersebut wajib login terlebih dahulu.

"Apabila ada peserta berhasil login, maka mahasiswa dapat melakukan presensi online berbasis Geolocation yang merekam secara otomatis ketika aplikasi Sikando ini dibuka, perekaman berupa data tanggal, waktu, titik Geolocation," pungkasnya.

Kendati demikian, dalam program KKN ini, para mahasiswa diwajibkan membuat program kerja yang nantinya dapat diaplikasikan ke masyakarakat sesuai dengan jurusannya masing-masing.(JESIKA/MAGANG)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: