Resensi Buku

Resensi Buku

-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Judul                     : Cerita Rakyat Bengkulu

Penulis/Penyusun    : Reko Serasi (Dkk)

Kota Terbit              : Yogyakarta

Tahun Terbit            : 2022

Penerbit                  : Samudra Biru (Anggota IKAPI)

Cetakan                  : 1

Halaman                 : xiv, 86 Halaman; 21 cm

ISBN                       : 9786232613492

 

Buku ini berjudul Cerita Rakyat Bengkulu yang merupakan hasil karya generasi muda putera puteri kebudayaan Bengkulu dalam upaya pelestarian penguatan budaya khususnya kebudayaan Bengkulu yang dikemas dalam buku yang kaya akan keberagaman serta kearifan budaya lokal yang memiliki nilai-nilai luhur.

Buku ini sangat menarik sekali bagi pembaca yang ingin mengetahui cerita dan kisah-kisah rakyat Bengkulu dari sepuluh kabupaten dan kota. Di lihat cover saja sudah sangat menarik sekali minat pembaca dengan warna yang kontras, nuansa gambar alam yang alami dengan menghadirkan bunga raflesia membuat daya tarik tersendiri untuk menumbuhkan minat untuk membaca buku ini.

Kualitas kertas putih yang digunakan sangat baik sehingga tulisannyapun terlihat jelas untuk dibaca,  bahkan cerita ini mudah untuk dicerna atau dipahami karena penggunaan gaya bahasanya sederhana dan menarik sesuai ejaan yang berlaku.

Sepuluh kisah dalam buku ini adalah: Hidup Si Bujang Kurung, Asal Mula Permaian Bubu/Luka Gila, Putri Pakur Melai Dan Nagau Rayau, Pungguk Buang, Asal Usul Batu Jung, Tiga Saudara, Sembilan Harimau Penjaga Tanah Rejang, Muning Raib, Sang Pati Matih Disulo, Putri Banyak Ingunan.

Cerita dalam buku ini sangat menarik sekali di tengah perkembangan zaman totok-tokoh kebudayaan terus bergiat untuk mengenalkan budaya Bengkulu supaya tidak hilang di telan bumi. Semoga buku ini memberi manfaat bagi kita semua terkhusus untuk guru, orang tua, mahasiswa maupun pegiat sastra budaya, dan memotivasi masyarakat agar gemar membaca guna memperkaya literasi informasi. (Susialia Fitriani Pustakawan Universitas Bengkulu).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait