Kerjakan Proyek Pemerintah, Tukang Harus Punya Sertifikat Kompetensi

Kerjakan Proyek Pemerintah, Tukang Harus Punya Sertifikat Kompetensi

Para tukang saat ikuti program pelatihan dan sertifikasi tahun lalu.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebanyak 100 orang tenaga tukang terampil akan menjalani program sertifikasi yang diselenggarakan Dinas PUPR Kota Bengkulu pada akhir tahun ini.

Tukang terampil yang akan mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini meliputi tukang bangunan, tukang batu, meubel dan keterampilan lainnya. Pemenuhan tukang terampil bersertifikasi ini nantinya guna membekali para tukang sebagai syarat jika ada pengerjaan proyek pemerintah dan membuka peluang luas bagi para tukang.

Kabid Bina Konstruksi Dinas PUPR Kota Bengkulu Firmanto mengatakan program tersebut akan dijalankan seusai APBD perubahan disahkan. Sertifikat kompetensi ini nantinya juga akan berguna bagi tukang untuk meyakinkan pengguna jasa tukang dalam mengerjakan suatu bangunan.

" Insyallah bulan Oktober mendatang kita akan mulai program tersebut. Nanti akan ada pelatihan selama dua hari bagi para tukang, sehari untuk teori dan sehari untuk prakteknya. Para tukang juga akan dibekali sertifikasi nantinya usai pelatihan ini. Jika memiliki sertifikasi ini bisa bermanfaat bagi tukang untuk mengerjakan proyek besar termasuk pengerjaan bangunan pemerintah, sebagai syarat," jelas Firmanto, Kamis (15/09/2022).

BACA JUGA:Oktober KPU Kota Bengkulu Buka Pendaftaran PPK, Berikut Besaran Honornya

Untuk diketahui, sertifikasi tukang bangunan penting dilakukan agar mereka memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai. Dengan modal itu, mereka bisa bersaing dengan pekerja bangunan yang berasal dari daerah lain dan bahkan negara lain, yang bisa saja masuk ke Bengkulu bersamaan dengan berlakunya era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Selain itu, program sertifikasi terhadap para tukang bangunan berdampak positif pada kualitas bangunan yang dikerjakannya. Para pengusaha atau developer juga bisa dengan mudah mendapatkan tukang yang memiliki ketrampilan yang memadai, yang ditandai sertifikat yang dimiliknya. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: