Jurusan Kecantikan SMKN 3 Penyelenggara SMKPK

Jurusan Kecantikan SMKN 3 Penyelenggara SMKPK

Annisa-MG/BE Siswa jurusan Kecantikan SPA SMKN 3 Kota Bengkulu, sedang latihan make up sebagai persiapan mengikuti lomba kompetensi siswa tingkat nasional.--

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM – Sekolah Menengah Kejuran (SMKN) 3 Kota Bengkulu menjadi SMK program keunggulan (PK) sejak 2021. Di sekolah ini jurusan Tata Kecantikan dan Spa terpilih sebagai penyelenggara SMK PK oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) guna meningkatkan SDM yang berkualitas.

Salah Seorang Guru Jurusan Tata Kecantikan dan Spa, Rusmarlina Adhiyah menjelaskan saat di wawancarai BE, Rabu (14/9), “Untuk kurikulumnya SMK PK mengasah semua kompetensi soft skill yaitu tentang etika, grooming, cara bersikap yang harus sesuai dengan kemauan DUDIKA (Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja) agar kompetensi yang diajarkan sudah sesuai dengan harapan industri.Kurikulum SMK PK mengacu kepada kebutuhan industri seperti makeup artist, hairstyles, dan therapies.”

SMK PK memprogramkan pelatihan guru, magang guru dan studi banding guru agar siswa mendapat ilmu baru yang lebih berkualitas berbaur modern yang harapannya siswa membuka usaha sendiri. 

“Pembelajaran terbaru SMK PK yaitu PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) siswa kelas 11 membuat produk minuman jahe berupa serbuk yang sudah BPOM di produksi di kampus 2 Lempuing,” ungkapnya.

Jurusan Tata Kecantikan mengikuti LKS (Lomba Kompetensi Siswa) tingkat nasional dari Kemdikbud setiap tahunnya itulah yang menjadikannya SMK PK. Dalam penyelenggaraan LKS, SMK PK Jurusan Tata Kecantikan dan Spa terbagi menjadi 2 peminatan, yaitu kulit mempelajari perawatan wajah, badan, nailarts, dan makeup. Sedangkan peminatan rambut berfokus pada pengeritingan dan pelurusan modern. Saat ini Jurusan Tata Kecantikan memiliki 260 siswa dan 12 tenaga pendidik yang sesuai dibidangnya.

Rusmalina menambahkan, “Kurikulum SMKPK ini kegiatan belajar mengajar berfokus kepada pembelajaran jurusan 10.'' 

Setiap harinya siswa mempelajari pengetahuan dasar mengenal pembelajaran jurusan berdasarkan buku panduan SMKPK. Untuk kelas 11 jadwal praktik lebih banyak dipelajari di semester 1. Seperti, Senin siswa full time belajar perawatan kulit. Pada Selasa belajar materi sekaligus praktik perawatan rambut, Rabu dan Kamis belajar mata pelajaran akademik dan Jumat siswa mencari klien untuk mata pelajar UP (Usaha Pelayanan) Salon dan Semester 2-nya siswa melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di salon tertentu. Untuk kelas 12 semester 1 siswa full time praktik mempersiapkan UKK (Ujian Kompetensi Kejuruan) di semester 2.

SMKN 3 jurusan kecantikan sudah banyak meluluskan siswa. Alumni jurusan Kecantikan rata-rata sudah membuka usaha salon sendiri, seperti, Glora salon, Dtwo salon, Aringky WO, Fitri eyelash, Diaz salon, Erni Salon, Hairdobyoktanisa.

''Bahkan kebanyakan siswa kami pun sudah menerima home treatment serta eyelash dan makeup home service,'' katanya. (MG1) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: