Siapkan Penetapan DPT, KPU Provinsi Undang Seluruh Stakeholder

Siapkan Penetapan DPT, KPU Provinsi Undang Seluruh Stakeholder

Foto bersama usai Rapat Forum Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dan Persiapan Data Penilih Pemilu Tahun 2024 di Hotel Mercure Bengkulu.-(foto: nur miessuary/bengkuluekspress.disway.id-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Penetapan Data Pemilih Tetap Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014 nanti, akan dilakukan bulan Oktober mendatang.

Hal itu sampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra, usai memimpin Rapat Forum Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dan Persiapan Data Penilih Pemilu Tahun 2024, berlokasi di Hotel Mercure Bengkulu.

Irwan mengatakan, dalam rapat koordinasi yang dilakukan hari ini, pihaknya menyampaikan progres hasil pemuktahiran data pemilih berkelanjutan (DPB).

"Karena bulan oktober nanti KPU akan penetapkan pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu. Sehingga kita menyampaikan pemutakhiran DPB akan berakhir dibulan ini," ungkap Irwan, Rabu (14/9/2022).

BACA JUGA:Bantu Masyarakat Kurang Mampu, Pemprov Bersama Baznas Lakukan Program SKSS

Selain menyampaikan progres DPB, Irwan mengatakan pihaknya juga melakukan berbagai persiapan untuk penetapan daftar pemilih tetap bulan Oktober nanti.

Rapat ini menurutnya sangat penting, lantaran melihat berbagai kejadian yang terjadi pada Pemilu tahun 2014 dan Pilkada serentak tahun 2020, agar tidak terjadi lagi di Pemilu 2014 nantinya.

"Hari kini kita persiapan, identifikasi dan evaluasi agar apa yang terjadi di Pemilu sebelumnya tidak terjadi lagi," terang Irwan.

Guna mengantisipasi berbagai permasalahan terhadap daftar pemilih tetap (DPT),  Irwan mengaku, pihaknya selalu melakukan pemuktahiran data setiap bulannya.

Sedangkan untuk mempercepat dan memastikan akurasi validitas data, KPU juga mengundang stakeholder untuk dapat membantu memberikan informasi dan data untuk pemuktahiran data pemilih berkelanjutan.

Selain mendatangkan partai politik, dalan rakor ini, KPU juga mengundang Polda Bengkulu, Korem 041 Gamas, Kanwil Kemenkumham, Kanwkl Kemenag, Disdukcapil Provinsi, Dinsos Provinsi, Disnakertrans Provinsi, Dikbud Provinsi.

"Agar nanti data pemilih untuk Pemilu 2024 benar - benar clean dan clear, dan minim dari gugatan," jelas Irwan.

Menurutnya, menggandeng banyak pihak sangat penting supaya nantinya tidak ada warga negara yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, tidak kehilangan hak pilihnya.

Diketahui dari pemutakhiran data yang dilakukam KPU Provinsi Bengkulu, terdapat Jumlah Pemilih Data Berkelanjutan yang sudah tercatat mencapai 1.367.667, hal ini mengalami penurunan dari sebelumnya 1.371.471.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: