Lanal Bengkulu Launching Kampung Bahari Nusantara

Lanal Bengkulu Launching Kampung Bahari Nusantara

Lomba dayung rangkaian HUT TNI AL ke 77-(foto: rio susanto/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu melaunching Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang berlokasi di Kawasan wisata pantai Tapak Paderi Kelurahan Kebun Keling Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu, Sabtu (03/9/2022).

Program Kampung Bahari NusantaraTNI AL ini bertujuan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat pesisir dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut yang dipusatkan di kawasan Wisata Tapak Paderi.

Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemprov, pemkot dan tokoh masyarakat setempat yang sudah menyatakan dukungannya.

Diharapkan dari program ini bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan memajukan sektor pariwisata Kota Bengkulu.

BACA JUGA:9 Kecamatan di Bengkulu Selatan Terdampak Banjir


Peresmian Kampung Bahari Nusantara Lanal Benngkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

"Sesuai dengan perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut bahwa Kampung Bahari Nusantara ini harus bisa mengcover 5 Cluster yaitu mulai dari edukasi, ekonomi termasuk ekonomi kreatif, pariwisata, kesehatan, dan juga pertahanan. Sehingga harapannya dengan program Kampung Bahari Nusantara ini bisa untuk mendukung pembangunan yang ada di kota Bengkulu ini secara bersinergi bersama-sama dengan pemda dan Forkopimda serta insan maritim dan masyarakat sekitar," jelas Danlanal.

Program KBN terdiri dari 5 jenis klaster yaitu edukasi dengan adanya rumah pintar, ekonomi dengan meningkatkan UMKM melalui produk unggulan berupa keripik dan Teh mangrove. Serta sektor pariwisata dengan memperkenalkan lokasi wisata Tapak Paderi yang bersebelahan dengan cagar budaya yaitu Benteng Marlborough, Kesehatan dengan sosialiasasi kepada masyarakat pesisir mengenai hidup sehat, dan pertahanan wilayah dengan pembinaan masyarakat nelayan sebagai garda terdepan dalam pertahanan laut.

Setelah dilakukan launching KBN, Lanal Bengkulu juga menyelenggarakan lomba dayung perahu karet dalam rangka  memeriahkan HUT TNI AL ke-77. Lomba digelar di kawasan Wisata Kampung Bahari Nusantara dengan melibatkan peserta yang berasal dari berbagai satuan dan instansi Maritim di Kota Bengkulu.

Tujuan dari kegiatan ini juga untuk memasyarakatkan olahraga perairan (maritim) menjadi olahraga yang digemari dan diminati oleh masyarakat serta generasi muda di wilayah Bengkulu sekaligus menjaring bibit-bibit atlit olahraga perairan (Maritim) yang dapat mengharumkan nama Provinsi Bengkulu.

Lanal Bengkulu ke depan juga akan menyelenggarakan kegiatan bakti kesehatan, program bersih pantai dan ketahanan pangan, serta lomba perairan lainnya seperti trilomba untuk satuan dan instansi maritim, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2022 mendatang sebagai rangkaian kegiatan memeriahkan HUT TNI AL yang ke 77 yang jatuh pada tanggal 10 September 2022. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: