Dinkes Kota Bengkulu Diminta Cepat Antisipasi Cacar Monyet

Dinkes Kota Bengkulu Diminta Cepat Antisipasi Cacar Monyet

Timbulnya ruam-ruam merah pada tubuh merupakan salah satu gejala awal cacar monyet-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Anggota Komisi II DPRD Kota Bengkulu Teuku Zukarnain meminta agar Dinas Kesehatan mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi masuknya penyakit cacar monyet di Kota Bengkulu.

Hal tersebut dilakukan agar Dinkes tak kecolongan seperti saat menghadapi Covid-19 beberapa waktu lalu.

Teuku meminta agar nakes di puskesmas dan rumah sakit diberi pelatihan khusus untuk mengenali lebih dalam gejala penyakit cacar monyet.

Menurut lelaki yang akrab disapa Tengku ini, meski saat ini belum ditemukan kasus positif cacar monyet di Kota Bengkulu, persiapan perlu dilakukan untuk menghindari penularan penyakit dalam jumlah besar seperti wabah covid-19 sebelumnya.

Menurut informasi, gejala awal pengidap cacar monyet juga melalui fase demam tinggi dan gangguan kesehatan lainnya yang hampir mirip dengan demam biasa.

"Saya yakin banyak tenaga kesehatan ini tidak membaca ciri-ciri dan gejala virus cacar monyet ini. Oleh karena itu harus ada kemampuan pengenalan melalui pelatihan atau pemberian muatan informasi terkait cacar monyet. Jangan sampai saat pasien berobat, rupanya cacar monyet dan pemberian obatnya salah hingga berefek bukannya sembuh malah berefek lain," jelas Teuku, Jumat (26/08).

Ia menambahkan jika para nakes sudah memiliki kemampuan mengenali ciri-ciri cacar monyet, Dinas Kesehatan juga perlu mendirikan pos-pos tertentu sebagai screening awal penyakit pasien. Hal ini dianggap penting agar kejadian meluapnya pasien seperti saat wabah Covid-19 tahun lalu tak terulang lagi di Kota Bengkulu.

Dilansir dari Kompas.com, kasus pertama penyakit cacar monyet sudah ditemukan di Indonesia. Kasus cacar monyet itu terkonfirmasi pada pasien laki-laki berusia 27 tahun yang berasal dari DKI Jakarta. Secara garis besar, gejala cacar monyet terbagi menjadi dua, yakni pada periode masa invasi selama 0-5 hari dan masa erupsi 1-3 hari.

1. Gejala cacar monyet masa invasi

a. Demam tinggi

b. Sakit kepala berat

c. Kelenjar getah bening bengkak

d. Nyeri otot

e. Lemas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: