DJPb Luncurkan Zona Integritas Desa

DJPb Luncurkan Zona Integritas Desa

Suary/BE : Kepala DJPb Provinsi Bengkulu, Syarwan saat menyampaikan program ZIDes.--

BENGKULU BENGKULUEKSPRESS.COM - Untuk memperbaiki manajemen pengelolaan keuangan desa, Kementerian Keuangan melalui Kantor Wilayah (Kamwil) Direktorat Perbendaharaan Negara (DJPb) membentuk Zona Integritas Desa (ZIDes). Program Pembangunan ZIDes merupakan inisiatif baru Kantor Wilayah DJPb Provinsi Bengkulu. Program ini untuk menciptakan island of integrity yang dibangun oleh Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu .

Diungkapkan Kepala Kantor Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu, Syarwan. Bahwa tujuan program tersebut untuk memperbaiki tata kelola keuangan ditingkat Desa.

"Untuk memperbaiki manajemen keuangan Desa yang selama ini cukup banyak Kepala Desa yang tersandung kasus" ungkap Syarwan, kepada bengkuluekspress.com, Kamis (18/8).

Ia menjelaskan, hingga saat ini cukup banyak Kapala Desa atau pun perangkat Desa yang tersandung kasus penyelewengan dana desa. Untuk itu, dalam program ZIDes tersebut,  DJPb melakukan pendampingan terhadap kepala dan perangkat Desa. Untuk peningkatan literasi pengelolaan keuangan desa.

"Kita akan lakukan pendampingan berupa pelatihan bagaimana mengelola keuangan desa," terangnya.

Melalui program ZIDes tersebut, ia berharap kedepannya tercipta pengelolaan keuangan desa yang jauh lebih baik kedepannya. Harapannya tidak ada lagi kades ataupun perangkat Desa nantinya yang berani melakukan korupsi.

Menurut data dari Kanwil DJPb, hingga saat ini sudah ada 8 Desa yang sudah menerapkan ZIDes yang tersebar di 7 Kabupaten. Yakni, Kabupaten Mukomuko, Desa Lubuk Sanai, Kec. XIV Koto, kemudian Kabupaten Rejang Lebong, Desa Suban Ayam, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Desa Margo Mulyo, Kecamatan Pondok Kubang dan Desa Srikaton, Kecamatan Pondok Kelapa.Kabupaten Kepahiang, Desa Meranti Jaya, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Lebong Desa Air Kopras, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Kaur Desa Muara Tetap, Kecamatan Tetap, Kabupaten Bengkulu Selatan Desa Nanti Agung, Kecamatan Kedurang.

Dalam waktu dekat ada 3 desa dari 3 kabupaten yang akan dilaunching menerapkan ZIDes. Yaitu, Kabupaten Bengkulu Utara Desa Marga Sakti, Kecamatan Padang Jaya dan Desa Air Sekamanak, Kecamatan Pinang Raya, yang direncanakn launching tanggal 22 Agustus mendatang. Terakhir Kabupaten Seluma Desa Tangga Batu, Kecamatan Seluma Selatan, yang akan direncanakan launching tanggal 24 Agustus. (CW2/Suary).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: