Danrem 041/Gamas Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke - 77 Kemerdekaan Republik Indonesia

Danrem 041/Gamas Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke - 77 Kemerdekaan Republik Indonesia

Danrem 041/Gamas Menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke - 77 Kemerdekaan Republik Indonesia-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM –  Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M. Tr. (Han) menghadiri upacara peringatan HUT ke -77  Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di Balai Raya Semarak Bengkulu,  (17/8/2022)

Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia (17 Agustus) atau dalam bahasa sehari-harinya disebut sebagai Tujuh belasan adalah hari libur nasional di Indonesia untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945

Semarak hari kemerdekaan ini terlihat dimana mana sampai ke penjuru pelosok tanah air baik menjelang sampai puncak pelaksanaan upacara pengibaran Sang Merah Putih. 

BACA JUGA:Prestasi Membanggakan, Personel Kodim 0423/BU Raih Perdikat Terbaik se-Kodam II Sriwijaya

 

Dan pada hari ini Puncak pelaksanaannya dilaksanakan upacara pengibaran Sang Merah Putih dalam rangka HUT Ke - 77 Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di halaman lapangan  upacara Balai Raya Semarak Bengkulu. 

Dalam upacara ini bertindak sebagai Inspektur upacara ( Irup)  Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah,  Komandan upacara ( Danup)  AKBP Bintoro ( Polda Bengkulu ) dan Perwira upacara ( Paup ) Kakumrem 041/Gamas Mayor Chk Suherman,S.Ag., S.H.,M. H.

Adapun susunan acara sebagai rangkaian kegiatan upacara sebagai berikut Laporan perwira upacara kepada Inspektur upacara, Inspektur upacara tiba di mimbar upacara, penghormatan umum kepada inspektur upacara,  laporan komandan upacara,  pengibaran sang merah putih,  mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara, tanda kebesaran buka,  pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Prov. Bengkulu,  tanda kebesaran tutup,  pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan doa oleh Kakanwil Kemenag prov. Bengkulu,  Andhika Bhayangkari, Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara,  Penghormatan umum kepada Inspektur upacara,  Inspektur upacara meninggalkan mimbar upacara,  Laporan perwira upacara kepada inspektur upacara,  Upacara selesai dilanjutkan dengan acara tambahan Pemberian Tanda Kehormatan Negara Satya Lencana Karya Satya. 

Sejenak mengingat sejarah perjuang Kemerdekaan Bangsa Indonesia para pahlawan pendahulu kita berjuang merebut Kemerdekaan sampai dengan titik darah penghabisan "merdeka atau mati" oleh karena itu dengan dilandasi semangat '45 "Tujuhbelasan" dirayakan oleh warga negara Indonesia, seluruh rakyat Indonesia merayakan dan mensyukuri Peringatan Kemerdekaan Bangsa Indonesia 

Jelas upacara ini dilaksanakan untuk mengenang kembali jasa para pahlawan pendahulu sebagai kusuma bangsa gugur dimedan juang untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Sebagai wujud menghargai jasa-jasa pahlawan pendahulu kita sekaligus dalam rangka memperingati hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke - 77  pada hari ini dilaksanakan upacara  Peringatan HUT Ke - 77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan logo yang bertuliskan Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

Setelah upacara pengibaran bendera dilanjutkan acara Mengikuti upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara secara Virtual bertempat di gedung daerah Balai Raya Semarak Bengkulu. 

Usai mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi  HUT ke - 77 kemerdekaan republik Indonesia diakhiri acara Pemberian Remisi Umum HUT Ke - 77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 bertempat  di Lapas Bentiring Kelas II A.  

Perlu diketahui seluruh rangkaian kegiatan ini sebelum pelaksanaannya dilakukan geladi mulai dari geladi kotor yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 12 Agustus 2022 pkl 08.00 wib dan geladi bersih dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Agustus 2022 pkl 08.00 wib yang dihadiri oleh perangkat upacara serta pasukan upacara lainnya bertempat di lapangan upacara Balai Raya Semarak Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: