Penting! Warga Bengkulu Diminta Update Data Adminduk Golongan Darah

Penting! Warga Bengkulu Diminta Update Data Adminduk Golongan Darah

--

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, Widodo mengatakan, sekarang ini pihaknya sedang berproses melengkapi data golongan darah pada KK dan KTP elektronik (E-KTP). Karena golongan darah memiliki manfaat jika dilampirkan di KK ataupun e-KTP.

Ia pun mengajak masyarakat untuk segera update data Adminduk golongan darah, baik di e-KTP, KK maupun kartu identitas lainnya.

"Sekarang ini Dukcapil terus melakukan upaya updating data. Salah satu yang harus di-update adalah golongan darah. Ini akan sangat bermanfaat untuk misi kemanusiaan, dan juga untuk dirinya sendiri apabila memerlukan bantuan golongan darah dari orang lain. Selain itu golongan darah ini juga berfungsi sebagai data yang terintegrasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan digunakan oleh PMI untuk mengetahui jenis golongan darah masyarakat apabila sewaktu-waktu pihak PMI kehabisan stok kantung darah dan membutuhkan transplantasi darah dengan kondisi darurat," terang Widodo, Jumat (05/08).

BACA JUGA:Sampah Berserakan di Lokasi Bazar Muharram, DLH Turunkan Petugas Harian

Ia menjelaskan, saat ini KK dan e-KTP merupakan dokumen kependudukan yang sering kali dibutuhkan ketika memperoleh layanan publik. Oleh karena itu, Dukcapil kota mengajak masyarakat kota untuk bisa segera update data golongan darah di Dinas Dukcapil atau di kantor camat setempat.

"Dengan data pada KK dan e-KTP yang lengkap dan terupdate salah satunya golongan darah. Tentu ini akan juga sangat memudahkan kita dalam memperoleh layanan publik, misalnya di rumah sakit ataupun puskesmas. Kita akan gencar melakukan sosialisasi terkait hal tersebut dan akan melibatkan pihak kelurahan juga kedepannya," tambah Widodo.

Ke depan, pihaknya juga akan memberikan sosialisasi terkait hal tersebut terutama kepada seluruh warga Kota Bengkulu. Widodo berharap agar masyarakat lebih memahami lagi dan tidak serta merta meremehkan golongan darah yang tidak di isi atau tidak diketahui karena semua kolom yang muncul pada identitas diri itu memiliki fungsinya masing-masing dan bukan hanya untuk dipajang. (Imn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: