Nikah Wajib Miliki Sertifikat ELSIMIL, Begini Cara Daftar Online

Nikah Wajib Miliki Sertifikat ELSIMIL, Begini Cara Daftar Online

Kepala Bappeda Kora Bengkulu, Firman Romzie-(foto: tri yulianti/bengkulekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - DPRD Kota Bengkulu melakukan hearing bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bengkulu untuk membahas perencanaan pembangunan di Kota Bengkulu. Dalam hearing ini, dewan menekankan terkait penanggulangan stunting yang leading sectornya adalah Bappeda. Terbaru, Pemerintah kota mewajibkan syarat keterangan sehat bagi calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan melalui aplikasi Elsimil.

Kepala Bappeda Kota Bengkulu Firman Romzie menjelaskan calon pengantin saat ini diwajibkan menyertakan sertifikat ELSIMIL sebagai persyaratan daftar nikah di KUA. Untuk mendapatkan sertifikat ELSIMIL, calon pengantin wajib mengunduh atau mendownload aplikasi di Play Store sebelum daftar nikah.

"ELSIMIL adalah program aplikasi upaya pencegahan stunting yang ditujukan bagi calon pengantin yang akan daftar nikah di KUA. Karena mencegah stunting ini harus dari hulu. Jadi tiga bulan sebelum menikah harus kita pastikan dulu pasangan ini sudah layak menikah atau belum. Ada syarat tambahan, harus membawa atau melampirkan surat keterangan sehat dari puskesmas. Insyallah Kota Bengkulu zero stunting" jelas Firman, Senin (25/07). (Imn)

Berikut cara pendaftaran di aplikasi ELSIMIL

Cara daftar ELSIMIL secara online untuk calon Istri :

1. Download aplikasi ELSIMIL

2. Lakukan registrasi dengan menuliskan identitas pada kolom yang sudah disediakan seperti NIK KTP dan nama.

3. Klik 'tambahkan pasangan' ,maka akan muncul kode dan tutorial. Sebaiknya tutorial di screenshot agar bisa dikirim ke pasangan sebagai panduan agar akun bisa saling terintegrasi.

4. Lakukan cek kesehatan dan vaksin di puskesmas, mintalah data Tinggi Badan (TB) , Berat Badan (BB) ,Hb (Hemoglobin) dan Lila (lingkar lengan) kepada bidan.

Catatan: Pastikan tidak sedang haid agar bisa cek hb.

5. Jika sudah mendapatkan data TB, BB, HB, dan Lila, klik menu 'kuesioner' kemudian sub menu 'mulai kuesioner'.

6. Jika sudah, maka kolom TB, BB, dan Lila akan muncul, silahkan isi sesuai data saat cek kesehatan di puskesmas.

7. Jika sudah, silahkan tuliskan tempat Anda melakukan cek kesehatan, misal : Puskesmas Banjarnegara. (Jika puskesmas tempat Anda periksa tidak muncul, maka pilih 'lainnya' yang ada di urutan paling bawah)

8. Jika sudah terisi, maka sertifikat ELSIMIL akan muncul kemudian klik cetak/print untuk persyaratan mendaftar KUA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: