Bengkulu Penghasil Kopi Terbesar Nomor 5 se-Indonesia

Bengkulu Penghasil Kopi Terbesar Nomor 5 se-Indonesia

Foto bersama anggota DPR RI Hj Dewi Coryati dan Plt. Direktur Politeknik Pariwisata Palembang Kemenprakraf RI, Dilla Pratiyudha bersama 75 peserta pelatihan barista.-(foto: asuary/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) menjadi kunci mengoptimalkan potensi kopi Bengkulu

Hal itu diungkapkan anggota DPR RI Komisi X Daerah Pemilihan Bengkulu Hj Dewi Coryati M.Si saat pelatihan Barista yang bekerjasama dengan Politeknik Pariwisata Palembang Kemenparekraf RI yang berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 18 dan 19 Juli berlokasi di Midway Cafe Bengkulu.

Menurutnya Bengkulu punya potensi kopi yang besar, berdasarkan data dari Kementerian Pertanian hingga tahun 2021 Bengkulu menempati urutan kelima terbesar se-Indonesia sebagai penghasil kopi.

BACA JUGA:Bermani Kopi Go Internasional

Dengan adanya pelatihan dari Politeknik Pariwisata Palembang ini dirinya berharap kopi Bengkulu akan semakin dikenal di luar daerah. 

Sebagai tindak lanjuti pelatihan barista ini dirinya juga berharap kedepan akan ada sertifikasi barista di Bengkulu.

"Kita punya kopi tapi daerah lain yang selalu dapat nama, kita berharap dengan pelatihan ini kopi Bengkulu akan dikenal oleh orang diluar sana.

BACA JUGA:Penikmat Kopi Asli Bengkulu Terus Meningkat

kedepan kita minta Politek Pariwisata Palembang untuk bisa mensertifikasi barista kita," ungkap Dewi, Selasa (19/7).

Di sisi lain Plt. Direktur Politeknik Pariwisata Palembang Kemenprakraf RI, Dilla Pratiyudha, M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan hari ini terlaksana dengan adanya bantuan dari anggota DPR RI Hj Dewi Coryati yang memfasilitasi dalam rangka untuk meningkatkan potensi Pariwisata khususnya kopi melalui sumberdaya manusia. 

Untuk pelatihan hari ini diikuti sebanyak 75 orang peserta yang berasal dari Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kota Bengkulu dan ada juga dari Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Selatan serta Kabupaten Seluma.

"Ini adalah kegiatan kolaborasi antara Politek Par Palembang dengan Pemprov Bengkulu yang difasilitasi oleh Anggota DPR RI Dewi Coryati Komisi X, untuk meningkatkan kapasitas sdm pariwisata di Provinsi Bengkulu khsusunya para penggiat kopi untuk menjadi barista yang baik," jelas Dilla.

Kedepan pihaknya akan terus melakukan upaya peningkatan potensi SDM yang menjadi tugas dari pihaknya untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan.

"Kedepan kita akan terus lakukan pengembangan sdm yang menjadi tugas poltek pariwisata Palembang di Sumbagsel," tutup Dilla.(CW2/Suary).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: