Uji Sampel Terkendala

Uji Sampel Terkendala

\"alexARGA MAKMUR, BE - Tercemarnya lingkungan dan sungai Air Lais di Desa Gunung Selan akibat pencemaran dari PT Asdam Jaya. Pihak BLH sudah mengambil sampel air di sungai itu. Namun sayangnya dari perjanjian hasil uji laboratorium yang seharusnya sudah diketahui empat hari yang lalu, ternyata hingga saat ini belum dilakukan pengujian.

Kepala BLH Drs Alex Periansyah MM mengatakan kendala yang dihadapi dikarenakan pegawai spesialis uji laboratorium sedang sakit.\"Terus kita tindak lanjuti karena persoalan ini harus dituntaskan berkaitan uji sampel yang dilakukan,\" kata Alex.

Terkait hal itu, BLH melimpahkan kepada pegawai lainnya untuk segera melakukan pengujian agar segera diketahui hasilnya. Meskipun kuat dugaan bahwa limbah PT Asdam Jaya memang sudah melakukan pencemaran, namun tidak bisa langsung dituduhkan karena harus berdasarkan bukti yang akurat. \"Kita tunggu hasil ujinya. Jika memang terbukti mencemari lingkungan, akan kita beri tindakan,\" tegas Alex.

Dikatakannya bahwasannya kebun sawit warga disekitar lokasi pabrik seluas 1 ha saat ini sudah tercemar limbah. Beberapa pohon sawit milik warga mengalami kerusakan akibat hal itu. Kondisi itu mengakibatkan protes dari warga setempat yang merasa dirugikan oleh perusahaan.\"Selain hasil uji sampel, berkas dan izin perusahaan itu akan kita periksa dengan seksama,\" tukas Alex. (117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: