Okulasi Lada Hasilkan Buah Sepanjang 50 Cm

Okulasi Lada Hasilkan Buah Sepanjang 50 Cm

BENGKULU, Bengkuluekspress,com - Lada merupakan tumbuh-tumbuhan yang seringkali kita temui diperkebunan salah satunya perkebunan yang ada do Kota Bengkulu. Lada adalah Jenis tumbuhan yang sangat mudah ditanam dan tidak perlu perawatan yang maksimal, biasanya lada yang serling kita temui berukuran sekitar satu jengkal, tetapi di daerah Bengkulu terdapat lada yang cukup membuat kaget karena ukurannya yang mencapai 50 cm. \"\" Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Tanaman ini sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu pada umumnya orang-orang hanya mengenal lada putih dan lada hitam yang mana sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Hermansyah (52) pemilik kebun Lada yang terletak dijalan Tanjung Agung Kota Bengkulu, mengatakan lada yang ia miliki ada 2 jenis diantaranya Lada India dan Lada Perdu. Lada india merupakan salah lada yang langkah di Bengkulu yang memiliki panjang sekitar 50cm. Sedangkan untuk Lada Perdu merupakan jenis tanaman lada yang tidak menjalar dan tidak memerlukan tiang panjat.

“Biasanya Lada india buahnya mencapai 50 cm sedangkan lada perdu sekitar 15 cm,” Ujar pemilik kebun Lada, Jumat (11/2).
Untuk proses pembibitan biasanya ia mengunakan pupuk Urea, pupuk KPL, pupuk Ponska, dan pupuk NPK. Sedangkan Untuk proses perawata daun dan batang mengunakan pupuk Urea sebanyak 2kg, dicampur pupuk Ponska 1kg. Setelah usia 8 bulan lada dipupuk mengunakan Ponska 1kg, Dan pupuk urea 1kg, untuk pembuahan mengunakan pupuk Ponska 2kg.
“Pupuk yang diberikan tergantung dengan kebutuhan agar menghasilkan buah yang baik,”katanya.
Namun didalam merawat tumbuh-tumbuhan tentu menggunakan racun untuk membasmi hama yang datang, tetapi racun terbagi menjadi 2 Jenis seperti racun sistematik dan racun kontak. “kebanyakan petani menggunakan racun sistematik Karena apa bila petani menggunakan racun kontak petani banyak mengalami kerugian apabila hujan turun,”ujarnya. Untuk harga satu paket dinilaikan dengan harga Rp 5 juta, namun apabila sudah mencapai 100 paket bibit lada akan dijual jika pemesanan belum mencapai 100 paket ia belum mau menjual bibit lada,Pungkasnya.(Indah/Mg/2) .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: