Para Pendekar Kuntaw di Tanah Haji

Para Pendekar Kuntaw di Tanah Haji

Setelah anak beliau yang bernama Musa Setia Mukmin dan Ibrahim Indra Bangsawan meninggal, Saat ini penerus Kuntaw Pergaulan di desa Kuripan adalah Sofyan bin Ibrahim Indra Bangsawan.

PRABU (CIK AGUS)

Berasal dari desa Lubar setelah menikah pulang ke desa Kuripan sebab ibunya yang bernama Mace berasal dari Desa Kuripan. Selain ahli pengobatan patah tulang, beliau menguasai 3 aliran silat dari tanah Sunda yaitu Cimande, Cikalong dan Pamonyetan.

Beliau belajar pada Sardi orang Sunda yang menetap di Lubar. Pribadinya keras dan pemberani. Walaupun masih muda tapi pernah hampir 'bertarung' dengan Jalang Saka seorang guru Kuntaw yg bergelar Hulu Balang Marga Haji.

Peristiwa itu terjadi saat sama-sama menghadiri acara penutupan (tamat) Kuntaw di Petalangan Sengguloh Desa Kuripan. Untung seseorang membisiki Jalang Saka bahwa  Prabu adalah adik sepupu Mangkualam Hamid( ibu mereka bersaudara kandung).

Sehingga Jalang Saka membatalkan rencana pertarungan itu. Ketika ditanya mengapa dia berani jika bertarung berhadapan dengan Jalang Saka,  jawabnya singkat: soal keahlian silat masing-masing ada kekurangan dan kelebihan. Tapi soal nafsu (nyali) semuanya harus diuji. Sebuah jawaban yang menunjukkan seorang Pendekar tak takut mati.

Penulis: Agustam Rachman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: