Lumbung Antisipasi Kerawanan Pangan

Lumbung Antisipasi Kerawanan Pangan

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan (BS), Ir Iskandar AZ mengaku tahun ini pihaknya mendapat bantuan dari kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI). Adapun bantuan yang diterima berupa satu unit mesin giling pagi. Mesin ini dijadikan lumbung pangan. Dengan adanya lumbung pangan ini sebagai antisipasi kerawanan pangan.

\"Kita dapat bantuan lumbung pangan satu set, ini tujuannya untuk mengantisipasi kerawanan pangan,\" katanya.

Dikatakan Iskandar, bantuan lumbung pangan dengan rinciannya satu unit Mesin Penggiling Padi, Rumah mesin giling padi dan lapangan jemur padi. Bantuan tersebut diserahkan kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) Sejahtera Desa Beringin Datar, Pino. Dengan bantuan ini, warga dapat memanfaatkannya untuk menggiling pagi warga sekitar. Sehingga nantinya di mesin penggiling padi yang disebut sebagai lumbung pangan dapat tersimpan pangan.

\"Ketika nantinya terjadi krisis pangan, maka di lumbung pangan tersebut masih tersedia pangan untuk memenuhi kebutuhan warga,\" ujarnya.

Dijelaskan Iskandar, jika tahun ini pihaknya hanya mendapat bantuan lumbung pangan satu unit, ke depan pihaknya kembali mengupayakan bantuan lumbung pangan ke kementerian, sehingga semakin banyak bantuan lumbung pangan di BS.

\"Tahun depan insya allah ada lagi bantuan lumbung pangan bagi masyarakat BS,\" imbuhnya.

Iskandar berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi anggotanya. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan pangan anggotanya. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian anggotanya.

\"Semoga dengan adanya lumbung pangan ini, ke depan ketahanan pangan warga semakin baik dan perekonomian semakin meningkat,\" harap Iskandar. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: