Lapas Diminta Tingkatkan Pengamanan

Lapas Diminta Tingkatkan Pengamanan

CURUP, bengkuluekspress.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu, Drs Imam Jauhari MH meminta Kalapas Curup meningkatkan pengamanan di dalam Lapas. Peningkatan pengamanan tersebut terutama saat malam tahun baru 2022.

\"Saya sudah meminta kepada Kalapas yang baru akan bisa meningkatkan pengamanan terutama saat natal dan tahun baru,\" pesan Imam Jauhari usai kegiatan serah terima jabatan Kalapas Kelas IIA Curup di aula Lapas Kelas IIA Curup, Kamis (23/12).

Perlunya peningkatan pengamanan di Lapas Kelas IIA Curup terutama saat malam pergantian tahun, karena menurut Kakanwil Kemenkumham Bengkulu, pada saat malam pergantian tahun tersebut biasanya banyak warga binaan yang menginginkan hiburan. Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka perlu ditingkatkan pengamanannya.

Tak hanya pengamanan yang ditingkatkan, Imam juga meminta Lapas Kelas IIA Curup meningkatkan pemeriksaan barang titipan yang akan dimasukkan ke Lapas Kelas IIA Curup. Hal tersebut penting untuk mencegah masuknya barang-barang yang dilarang masuk ke Lapas Kelas IIA Curup.

\"Bila dalam meningkatkan keamanan kekurangan SDM maka bisa mengambil dari bagian administrasi,\" tambah Imam.

Peningkatan pengamanan perlu dilakukan untuk menjaga kondusifitas di Lapas Kelas IIA Curup tetap terjadi. Terlebih lagi menurut Imam saat ini jumlah warga binaan yang ada di Lapas Kelas IIA Curup sudah lebih dari 600 orang, jumlah tersebut menurutnya sudah over kapasitas dari seharusnya daya tampung Lapas Kelas IIA Curup sebanyak 250 orang.

Sementara itu, terkait dengan pergantian Kepala Lapas Kelas IIA Curup sendiri dari sebelumnya dijabat oleh Alfonsus Wisnu Ardianto BcIP sebagai Plt Kapalas, saat ini dijabat oleh Kalapas definitif yaitu Bambang Wijanarko AMdIp SH MH menurutnya adalah hal yang biasa dalam organisasi tak terkecuali di lingkungan Kantor Kementerian Hukum dan HAM. Rotasi pimpinan tersebut menurutnya merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja agar para pejabat atau pimpinan tidak bosan dalam melaksanakan tugas.

\"Selain itu, rotasi ini juga sebagai bentuk kaderisasi pimpinan untuk memimpin dan menempati jabatan yang lebih tinggi lagi,\" demikian Imam.

Sementara itu, Kapalas Curup Bambang Wijanarko mengungkapkan sesuai dengan intruksi Kakanwil Kemenkemumham Bengkulu, pihkanya akan meningkatkan pengamanan menjelang Natal dan tahun baru 2022 ini. Upaya pengamanan tersebut pertama dengan akan menggelar apel siaga yang akan dilaksanakan Jumat (24/12). Dimana menurutnya apel siaga tersebut dilaksanakan secara serentak se provinsi Bengkulu.

\"Untuk pengamanan di Lapas Curup ini, kita akan menlanjuutkan apa yang telah dilaksanakan Kalapas sebelumnya tentunya sesuai dengan SOP yang berlaku,\" sampainya. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: