Seleksi Komisioner KPU Digelar 2023

Seleksi Komisioner KPU Digelar 2023

TAIS, bengkuluekspress.com - Jabatan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma, akan berakhir pada Juni 2023 mendatang, untuk pelaksanaan seleksi komisioner KPU akan digelar pada awal 2023 mendatang. Ketua KPU Seluma, Sarjan Effendi M.Ak mengatakan bahwa, perekrutan akan dimulai pada Januari 2023. Karena ada beberapa tahapan yang akan diproses sebelum pelaksanaan seleksi.

\"Masa kerja kami berakhir pada Juni 2023. Artinya, sebelum habis masa jabatan, tahapan seleksi sudah dimulai,\" sampainya.

Menurutnya, perekrutan dimulai sekitar Januari. Kemudian, setelah SK komisioner habis. Maka, langsung dilakukan pelantikan untuk Komisioner baru yang terpilih.

\"Setelah SK kami habis, komisioner KPU baru dilantik,\" jelasnya.

Sementara itu, untuk tahapan nantinya akan dimulai dari pengumuman pendaftaran, pemeriksaan berkas kemudian seleksi tertulis. Selanjutnya, psikologi, kesehatan dan tahapan wawancara.

\"Kemudian ada juga tahapan lainnya. Dan banyak dokumen yang harus disiapkan. Salah satu persyaratan yaitu adanya karya ilmiah,\" jelasnya.

Sarjan menyampaikan bahwa, saat ini tahapan Pilkada 2024 juga belum dimulai. Karena memang, saat ini tahapan seleksi komisioner KPU pusat juga sedang berlangsung.

\"Setelah KPU RI nanti, baru KPU Provinsi dan selanjutnya seleksi KPU kabupaten kota,\" tandasnya. (333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: