Sertifikat Jadi Modal Usaha

Sertifikat Jadi Modal Usaha

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com - Badan Pertahanan Nasional (BPN) Bengkulu Selatan (BS), Senin (13/12) menyalurkan sertifikat lahan kepada warga BS. Dalam kesempatan tersebut, Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM yang ikut menyerahkan sertifikat kepada warga mengaku jika sertifikat tersebut bisa meningkatkan perekonomian warga. Sebab bisa menjadi sumber modal usaha.

\"Dengan sertifikat, warga bisa memanfaatkannya untuk modal usaha,\" katanya saat menghadiri acara penyerahan sertifikat di kantor BPN BS, Senin (13/12).

Dikatakan Gusnan, setelah warga menerima sertifikat lahan dan bangunan mereka, warga bisa menjadikannya sebagai jaminan untuk meminjam uang di bank. Terlebih lagi di setiap bank ada pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga ringan. Dengan sertifikat tersebut, warga bisa pinjam modal usaha ke Bank. Kemudian uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha baru atau mengembangkan usaha yang sudah ada.

\"Dengan sertifikat tersebut, warga bisa pinjam modal usaha Rp 50 juta per sertifikat, jadi gunakanlah untuk meningkatkan perekonomian keluarga jangan untuk berfoya-foya, sehingga ke depan semua warga di BS yang memiliki sertifikat lahan bisa sejahtera,\" harap Gusnan.

Kepala BPN BS, Nasep Fandi Sulistyo SST mengatakan saat ini pihaknya mulai menyerahkan sertifikat lahan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021. Jumlah sertifikat yang dibagikan sebanyak 2.403 persil.

\"Hari ini ( Senin red) sertifikat program PTSL tahun ini mulai kami bagikan,\" katanya.

Dikatakan Nasep, pada tahun ini target program PTSL sebanyak 4 ribu persil. Hanya saja yang bisa teralisasi hanya 2.403 persil. Hal ini lantaran ada warga yang masih enggan mengurus sertifikat lahannya. Sehingga program PTSL tahun ini tidak tercapai.

\"Tidak tercapainya program PTSL, lantaran masih banyak warga yang enggan lahannya disertifikatkan,\" terang Nasep. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: