PMJB Dukung Kemajuan Daerah

PMJB Dukung Kemajuan Daerah

\"\"PINO RAYA, bengkuluekspress.com - Ketua Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB) Provinsi Bengkulu, DR H Yanto SH MH mengatakan, adanya PMJB diharapkan ajang menjaga silaturahmi agar rasa persaudaraan dan rasa saling memiliki semakin kuat. Masyarakat Jawa di daerah terkhusus Bengkulu, menurut pria yang juga menjabat sebagai Hakim tinggi di Mahkamah Agung ini harus ikut berperan serta dalam hal memajukan daerahnya masing-masing dalam bidang apapun. Sebab, sambungnya, prinsip PMJB itu di mana bumi di pijak, di situ langit dijunjung. Sehingga masyarakat Jawa Bengkulu sepakat mendukung dan bersinergi terhadap program-program pemerintah khususnya Bengkulu.

\"Saya minta masyarakat Jawa dapat menjunjung nilai-nilai positif di daerah ini dan mendukung kemajuan daerah,\" katanya saat melantik dan mengukuhkan jajaran pengurus PMJB Bengkulu Selatan (BS) masa khidmat 2020 - 2025, yang diketuai oleh Hartono, sekaligus meresmikan gedung seni budaya PMJB Bengkulu Selatan di Dusun Kurawan Desa Tanggo Raso Kecamatan Pino Raya, Sabtu (11/12).

Dalam kesempatan tersebut, mantan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ini juga mengapresiasi kekompakan masyarakat Jawa di BS dengan terbangunnya rumah budaya tersebut. Dirinya berharap, gedung seni budaya ini terus melestarikan budaya Jawa serta mendukung kesenian budaya yang ada di BS. Apalagi, populasi masyarakat Bengkulu yang bersuku Jawa cukup besar. Dengan begitu diharapkan mampu mewarnai Kebudayaan di Bengkulu Selatan.

\"Semoga dengan adanya gedung seni budaya ini mampu terus melestarikan budaya Jawa di BS,\" harap Dr Yanto.

Wakil Bupati BS, H Rifai Tajuddin SSos yang ikut hadir dalam acara tersebut juga mengapresiasi organisasi kemasyarakatan ini. Menurutnya, PMJB selama ini terus mensupport serta bersinergi dan menjalin kebersamaan dengan pemerintah daerah. Kehidupan bermasyarakat juga membaur dengan mengikuti adat istiadat di BS. Sehingga Pemda BS akan terus mendukung dan memberikan ruang serta perlindungan yang sama dengan masyarakat dari semua suku yang ada di daerah ini.

\"Mari kita terus bersinergi dalam memajukan BS ke depan,\" ajak Wabup.

Ketua PMJB Bengkulu Selatan (BS) masa khidmat 2020 - 2025, Hartono mengaku masyarakat jawa di BS siap bersinergi dan mendukung program Pembangunan yang digagas Pemda BS. Dirinya mengatakan masyarakat Jawa BS akan selalu terus memberikan kontribusi positif bagi kemajuan BS.

\"Kami masyarakat Jawa BS siap memberikan kontribusi terbaik untuk kemajuan BS,\" ujar Hartono.

Dalam kegiatan pelantikan dan pengukuhan pengurus PMJB BS serta peresmian rumah budaya tersebut juga dimeriahkan oleh kesenian budaya yakni Karawitan yang merupakan kesenian gamelan. Seluruh pemainnya adalah anggota PMJB BS. Kegiatan juga dihadiri oleh Sekertaris PMJB Provinsi Bengkulu, Sumarno, Wakil Ketua PMJB Provinsi Bengkulu, Sukatno, Wabup BS, perwakilan Kodim 0408 BS, Polres BS, Kepala Desa Tanggo Raso, serta sejumlah elemen masyarakat lainnya. (369)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: