Kumpulkan 21 Kantong Darah

Kumpulkan 21 Kantong Darah

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Kaur bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kaur, menggelar kegiatan donor bagi masyarakat Kaur di aula Mapolres Kaur, Jum’at (10/12). Donor darah yang diikuti Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH bersama jajaran dan masyarakat itu, berhasil mengumpulkan 21 kantong darah dari berbagai golongan darah.

“Alhamdulillah dalam kegiatan sepekan bersama Satgas Saber Pungli dan PMI Kaur ini, kita kita berhasil mengumpulkan 21 kantong darah dari anggota Polres Kaur dan masyarakat Kaur,” kata Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono S IK MH disela-sela donor darah Jum,at (10/12).

Dikatakannya, dimana peserta donor darah ada sekitar 30 orang. Namun dari jumlah itu, peserta yang memenuhi kriteria sebagai pendonor sebanyak 21 orang. Dalam kegiatan donor darah ini diawali dengan pemeriksaan calon pendonor. Mulai dari kondisi kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh, cek tekanan darah dan pemeriksaan hemoglobin (HB) oleh petugas. Jika memenuhi syarat baru dilakukan pengambilan darah.

“Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan juga kita dilakukan penerapan Prokes terkait pencegahan penularan Covid-19. Mulai dari wajib menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan,” terangnya.

Ditambahkannya, selama ini kegiatan berlangsung tetap mempedomani Protokol kesehatan (Prokes), mulai dari wajib menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh dan mencuci tangan pakai sabu. Juga donor darah yang dilakukan Satgas Saber Pungli bersama PMI ini juga merupakan bentuk perhatian dan kepedulian kepada warga yang membutuhkan darah.

“Ini untuk membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan darah. Karena kita tahu bersama bahwa kebutuhan darah di setiap rumah sakit sangat tinggi. Juga berharap dengan kegiatan ini juga dapat membantu stok darah di rumah sakit Kaur,” harapnya. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: