Kades Terpilih Dilantik Januari

Kades Terpilih Dilantik Januari

Satu Desa Pilkades Ulang

BINTUHAN, bengkuluekspress.com - Jika tidak ada perubahan jadwal, pelantikan 66 Kepala Desa (Kades) terpilih dalam Pilkades serentak Kamis (9/12) kemarin, dijadwalkan digelar pada 17 Januari 2022 mendatang. Hanya satu desa yakni Desa Sumber Harapan Kecamatan Maje yang terjadi draw dalam Pilkades kemarin.

“Kalau berdasarkan Perbup dan jadwal kita itu, 17-20 Januari pelantikan, tapi kita lihat kondisi. Apalagi ada satu desa Pilkades ulang, dan ini akan kita bahas kembali nantinya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kaur, Asdiarman S SSos, Jum’at (10/12).

Dikatakan Asdiarman, memang dalam rencana awal pelantikan Kades terpilih ini akan dilakukan 17 Januari 2021 mendatang. Akan tetapi ini bisa saja mengalami perubahan maju atau mundur, pihaknya juga akan mengupayakan proses pelantikan dapat dilaksanakan secepat segera mungkin. Sedangkan mengenai Pilkades ulang, berdasarkan Peraturan Bupati Kaur nomor 23 tahun 2021 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Bupati nomor 20 tahun 2020 tentang petunjuk teknis persiapan dan pelaksanaan pemilihan kepala desa di Kabupaten Kaur.

“Untuk Cakades yang mendapatkan dukungan suara terbanyak lebih dari 1 orang dengan jumlah suara yang sama, maka untuk menentukan calon yang berhak menjadi kepala desa, diadakan pemilihan ulang bagi calon kepala desa yang mendapatkan jumlah suara yang sama tersebut,” terangnya.

Ditambahkannya, waktu pelaksanaan pemilihan ulang dapat ditetapkan dengan keputusan dari DPMD. Dimana mana pihaknya akan menggelar rapat terkait dengan penetapan jadwal Pilkades ulang, dengan mekanisme pelaksanaan pemilihan ulang yang mulai dari undian nomor urut calon Cakades sama dengan proses sebelumnya. Namun bila nanti pemilihan ulang sebagaimana dimaksud diatas hasilnya tetap sama, maka bupati menunda pelaksanaan Pilkades sampai dengan waktu yang ditetapkan kemudian.

“Untuk jadwal Pilkades ulang ini akan kita gelar rapat dulu dan juga kita upayakan bulan ini digelar Pilkades ulang,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui dari 66 desa yang menggelar Pilkades serentak Kamis (9/12) itu, ada satu desa yang draw yakni Desa Sumber Harapan Kecamatan Maje. Dimana Cakades nomor urut 2 Mardian Roni Putra dan Tapsir sama-sama memperoleh 114 suara. (618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: